Selasa, 05 Januari 2010

sherlock holmes




hampir semua orang udah pernah denger nama detektif keren rekaan sir arthur conan doyle ini. sherlock holmes selalu dibantu rekan setianya, dr. john watson, dalam memecahkan kasus2 rumit. detektif ini tentu aja lebih dulu dikarang, jauh sebelum detektif2 lain yang kita kenal macem conan. bahkan, sherlock banyak jadi inspirasi pengarang2 besar untuk menciptakan tokoh2 detektif masa kini.

di film ini, plot utamanya adalah sherlock yang berusaha memecahkan kasus lord blackwood. lord blackwood dihukum mati dengan tuduhan pembunuhan terhadap 5 orang wanita untuk keperluan ilmu hitamnya. setelah lord blackwood tewas digantung, selama beberapa waktu sherlock nggak ada kerjaan karena nggak ada kasus apa2. sherlock yang rada2 stress setelah mengurung diri di kamar akhirnya dapet kerjaan juga setelah dilaporkan ada yang melihat lord blackwood bangkit dari kematian.

sherlock dan watson kemudian menyelidiki peristiwa kebangkitan blackwood itu. selagi mereka melakukan penyelidikan, sedikit demi sedikit mereka menemukan clue2 yang membawa mereka menuju kebenaran apa sebenernya tujuan blackwood. sementara itu, pembunuhan2 kembali terjadi di sekitar mereka, bahkan sampai ayah kandungnya blackwood sendiri juga tewas terbunuh.

sambil menyelidiki banyak clue dan pembunuhan, tentunya sherlock juga harus berurusan dengan masalah wanita. kalo watson udah punya tunangan yang bernama marie, sherlock digodain terus sama seorang wanita misterius bernama irene adler. wanita ini sebenernya dipekerjakan untuk mengacaukan perasaan sherlock, supaya kejahatan lainnya bisa terjadi dengan gampang. beberapa kali irene sempet ngerjain sherlock habis2an, termasuk ketika dia diborgol dalam keadaan telenji bulet di sebuah hotel.

di akhir film, sherlock bisa memecahkan teka-teki pembunuhan2 yang dilakukan oleh blackwood. berpacu dengan waktu, sherlock dan watson dibantu irene harus menghentikan blackwood melakukan pembunuhan besar2an yang berikutnya. berhasil atau nggak? sebagai detektif hebat tentu aja sherlock berhasil, tapi webmis nggak akan ngebahas habis filmnya di sini karena filmnya masih tayang di bioskop. nanti nggak seru.

bintang ironman, robert downey jr., dipasang sebagai sherlock holmes berdampingan dengan jude law yang jadi watson. aktris yang udah lama nggak muncul, rachel mcadams, dikasting sebagai irene adler. selain itu terhitung nggak banyak nama2 besar. mereka bertiga aja sih udah cukup kinclong untuk bikin berbondong2 orang tertarik dateng dan ngantri di bioskop saingan sama yang beli karcis avatar. robert downey jr. sendiri bermain bagus sebagai sherlock, webmis yang liat bahkan lupa kalo dia pernah jadi tony stark dan bakalan jadi tony stark lagi musim panas ini. tampaknya pesona bapak ini emang udah kembali dan lagi terang2nya nih.

secara keseluruhan film ini bisa dibilang oke, terutama sebagai sajian penutup tahun 2009 dan pembuka tahun 2010. kalo semua film besar yang bakalan tayang di 2010 paling nggak kualitasnya seperti sherlock, bisa dijamin moviegoers bakalan kenyang akan film2 bergizi tinggi di tahun ini. nggak heran kalo baru rilis 10 hari perolehan worldwide-nya udah $225 juta. film ini juga keras dan lucu. keras di adegan2 di mana sherlock memperlihatkan kebolehan adu fisik, dan lucu waktu adegan2 sherlock yang konyol berantem sama watson.


2 comments:

kangmoes mengatakan...

Kalau kangmoes suka dengan penokohan dari sherlock holmes di sini yang walaupun brilian, namun tetap kocak.

webmistress mengatakan...

sherlocknya kocak, nggak nyangka aja downey bisa mendalami sekeren itu