Selasa, 05 Januari 2010

planet 51




lem tinggal di planet 51 bersama dengan keluarga dan temen2nya. dia adalah seorang cowok yang demen banget sama hal2 yang berbau luar angkasa dan alien, tapi agak pemalu. setelah dapet pekerjaan sebagai asisten kurator pun lem tetap belum berani ngajakin neera, cewek taksirannya, untuk kencan.

suatu hari, planet mereka kedatangan pesawat luar angkasa. dari pesawat itu keluarlah seorang astronot manusia bernama charles t. baker atau biasa dipanggil chuck. chuck, si astronot yang rada2 narsis ini kaget banget mendapatkan pesawatnya mendarat di sebuah planet yang mirip banget sama bumi. bedanya, semua makhluk di sini kulitnya warna hijau berantena dan mereka seperti hidup di tahun 1950-an.

pendaratan chuck dan pesawatnya segera saja jadi berita besar di planet itu. sebagai alien, chuck dikejar2 sampai akhirnya dia bertemu dengan lem dan temen2nya. sementara itu, jenderal grawl, pimpinan militer planet 51 pingin banget menangkap chuck karena dia menganggap chuck nggak datang untuk tujuan damai melainkan mau menghancurkan planet 51. lem dan beberapa temennya, termasuk rover ( robot yang dikirim dari bumi) berusaha menyelamatkan chuck yang sempet ditangkap sama jenderal grawl dan disekap di tempat rahasia bernama base 9. berkat bantuan mereka, chuck akhirnya bisa kembali ke pesawatnya tepat waktu dan terbang lagi ke bumi. jenderal grawl pun akhirnya sadar kalo chuck nggak bermaksud jahat.

didukung oleh pengisi suara bintang2 ternama nggak membuat planet 51 sukses di pasaran. padahal ada the rock yang ngisi suara chuck, justin long sebagai lem, jessica biel sebagai neera, dan gary oldman sebagai jenderal grawl. menurut boxofficemojo, hasil domestiknya cuman sekitar $39 juta tanpa ada perhitungan hasil foreign. mungkin emang bener kenyataan bahwa film animasi yang mengisahkan manusia (atau makhluk sejenis manusia) emang susah larisnya. perkecualian untuk the incredibles yang mengisahkan manusia superhero.

film ini sebenernya udah rilis sejak bulan november lalu, tapi baru2 ini aja turun di bioskop kesayangannya webmis. menurut webmis sendiri film ini emang kurang greget. nggak cuman karena kurang promosi sih, tapi ceritanya emang kurang menggigit aja. dari satu sisi ceritanya emang unik karena menceritakan alien dari sudut pandang aliennya, bukan dari sudut pandangnya manusia. bisa dilihat di film ini manusialah yang jadi aliennya di planet 51. hmm, jadi apa yang sebaiknya harus dilakukan sama produser2 film animasi supaya bisa dapet hasil yang lebih menggembirakan? bikin animasi dengan tokoh binatang lagi, mungkin. jangan lupa animasinya diperhalus.