Kamis, 09 April 2009

knowing



hiiiiiii ni film pertamanya bikin aku merinding banget. mulai dari openingnya waktu di tahun 1959 anak2 sebuah sd disuruh menggambarkan masa depan sampe di masa kini ketika prof john koestler hidup berdua aja sama anaknya, caleb.

suatu hari waktu perayaan 50 tahunan sd-nya, caleb nerima sebuah gambar dari time capsule yang udah dikubur sejak tahun 1959 lalu. anehnya isinya kok angka semua. pertamanya john cuman menganggap itu angka2 acak aja, tapi caleb bilang mungkin aja ada artinya. secara kebetulan john menemukan pola angka2 itu, yaitu menunjukkan peristiwa2 bencana yang terjadi di bumi dari tahun 1959-2009 lengkap dengan tanggal dan jumlah korbannya. belakangan john juga ngerti kalo angka2 itu nunjukin koordinat tempat terjadinya bencana.

dari yang tertulis di kertas itu, tinggal 3 lagi bencana yang bakalan terjadi. john berusaha mencegah, mulai dari pesawat jatuh sampe kereta bawah tanah yang nabrak. ternyata semuanya nggak bisa dicegah dan tetap aja jumlah korbannya sesuai dengan yang diramalkan di kertas itu. john pun menemui diana wayland, anaknya lucinda embry-wayland yang dulu nulis kertas itu tahun 1959. lucinda udah meninggal dan anaknya bilang dia emang sering bilang hal2 aneh. john, caleb, diana, dan abby anaknya diana pun mulai penyelidikan.

udah dua bencana yang lewat, tinggal 1 bencana lagi. yang terakhir ini nggak ditulis jumlah korbannya, cuman koordinat sama tanggalnya duang. setelah diselidiki sama john ternyata bencananya adalah letupan matahari yang bakalan sampe ke bumi dan membinasakan semua makhluk hidup. sekarang, gimana caranya menghentikan bencana itu? nah, yang ini aku nggak mau tau karena aku menghargai alex proyas, sutradaranya, yang coba bikin twist ending.

pertamanya emang merinding banget waktu nonton film ini, ngeliat gimana seremnya kalo aku jadi john koestler yang tahu bakalan terjadi bencana besar. apalagi waktu adegan pesawat jatuh itu, keren sekali kayak di air crash investigations. sampe ke tengah2 film, makin merinding tapi bingung aja liat the whisperers yang mbuntutin keluarga john dan diana. kayak setan2an gitu tapi mau serem kok ya juga nanggung. yang jelas endingnya sih menurut aku nggak terduga dan mungkin sutradaranya cukup berhasil juga bikin twist endingnya.

komen aku secara keseluruhan film ini mencoba menelurkan ide baru. premisnya sih oke sekali waktu aku pertama kali liat trailernya akhir 2008 lalu. langsung gak sabar deh nunggu film ini rilis. ternyata waktu ditonton kayak the sixth sense, campur signs, campur independence day, campur apa lagi lah film2 kiamat lainnya. anyway ni film bagus kok. tulus nih mujinya :D



gambar dari sini dan situ.

0 comments: