Selasa, 21 Oktober 2008

the virgin suicides


agak serem juga ya kalo kita mbaca novel yang ceritanya 5 gadis dalam satu keluarga pada bunuh diri semua satu-persatu? yang jelas penulisnya, jeffrey eugenides, menurutku dia punya tema yang menarik beda dari buku-buku yang lain.

jadi ceritanya, keluarga lisbon punya 5 anak perempuan: theresa, mary, bonnie, lux, dan cecilia. umur mereka urutan dari yang paling tua 17 tahun sampe paling muda 13 tahun. sebagai cewek2 cantik, mereka banyak ditaksir dan jadi bahan gosipan tetangga2 mereka. tapi semuanya berubah jadi aneh ketika cecilia lisbon, yang termuda, mencoba bunuh diri dengan nyilet tangannya di kamar mandi. untungnya sih ceel masih selamat, tapi akhirnya ninggal juga di percobaan kedua.

sejak ceel bunuh diri, kakak2nya jadi dianggap kayak cewek2 aneh dan makin jadi pembicaraan di lingkungan mereka. sampe pada akhirnya mereka juga mati bunuh diri satu persatu. ada yang minum obat tidur, gantung diri, de el el. sebenernya kenapa sih mereka sampe terobsesi pada kematian kek gitu? apa karena terlalu ditekan sama ortunya atau ada sebab lain? nah, aku nggak mau ngasih spoiler, tapi baca aja sendiri bukunya atau nonton filmnya.

sekedar review, bukunya keren sih. aku baru baca setengah aja dah pengen nyelesain cepet2. tumben kan buku 300-an halaman aku bakal selesain dalam 4 hari. hehehehe lumayan untuk pelan2 mengembalikan kecepatan membacaku kek dulu lagi.

filmnya dibuat tahun 1999 dan rilis tahun 2000. yang main sih nggak banyak yang terkenal, cuman kirsten dunst (sebagai lux lisbon) sama josh hartnett (sebagai trip fontaine, cowoknya lux) aja waktu masih muda. sesuai dengan latarnya yang tahun 70-an, diceritakan para tetangga keluarga lisbon mengingat kembali kejadian bunuh diri gadis2 lisbon 20 tahun yang lalu. secara keseluruhan sih filmnya biasa aja. ya untuk mengigatkan kita aja sih, bunuh diri itu dosa dan menimbulkan kegemparan terutama buat para tetangga. dan nyusahin ortu banget ^^

0 comments: