Sabtu, 28 Maret 2009

journey to the center of the earth



udah lama nggak ngumungin film ya. sebenarnya film ini juga udah lama sih aku tonton. mungkin udah sekitar semingguan yang lalu, tapi baru sempet posting sekarang.

journey to the center of the earth (2008) diangkat dari buku karangan jules verne. tau kan yang ngarang around the world in 80 days juga. di sini ceritanya agak dikembangkan sedikit. prof trevor anderson adalah seorang dosen yang suka meneliti bumi, dia punya laboratorium sendiri tapi karena proyeknya udah lama enggak jalan2, laboratoriumnya terancam mau ditutup.

suatu hari, trevor kedatangan keponakannya yang bernama sean. sean dititipin selama beberapa waktu oleh ibunya karena ibunya ada urusan sementara ayahnya (kakaknya trevor) udah lama ilang. pertamanya sih sean males2an banget disuruh tinggal di rumah pamannya, soalnya pamannya ia anggap jorok dan enggak seru. waktu bongkar beberapa barang lama milik ayahnya sean, trevor menemukan buku journey to the center of the earth karangan jules verne milik ayah sean ketika mereka masih kecil. di buku itu ada catatan-catatan rahasia yang memancing keingintahuan mereka untuk menyelidiki sebenarnya apakah memang center of the earth itu ada.

ketika alat pendeteksi milik trevor menunjukkan bahwa di islandia terjadi aktivitas bumi yang sangat signifikan, mereka berdua berangkat ke sana. di sana mereka bertemu dengan seorang cewek pemandu daki gunung, namanya hannah. ternyata hannah ada hubungannya dengan catatan yang dibuat oleh ayah sean di buku tadi. trevor, hannah, dan sean kemudian naik gunung. suatu insiden membuat mereka terjebak di dalam terowongan. seperti namanya film2 petualangan, ternyata terowongan itu membawa mereka semakin turun ke pusat bumi sampai mereka menemukan ada dunia lain lengkap dengan lautan. ternyata sodara2, ada lautan di perut bumi.

dari situ petualangan mereka berlanjut. mulai dari bikin rakit untuk nyebrangin lautan sampe mereka sempat terpisah dan dikejar-kejar dinosaurus. endingnya tentu aja mereka ketemu lagi, dan dengan cara yang hampir tidak masuk akal bisa kembali ke permukaan bumi lewat letusan gunung vesuvius di italia. sebagai bonus, trevor dan hannah jadi pacaran.

terlepas dari ceritanya, aku lumayan terhibur dengan aksi-aksi mereka di sini, terutama waktu adegan naik lori di pertambangan batubara bawah tanah. aseli menegangkan tapi tentu aja enggak mungkin banget terjadi betulan. namanya juga film pop corn.

dari sisi pemerannya, trevor seperti yang sudah bisa kita lihat sama2 di gambar atas itu, diperankan oleh pak brendan fraser. kayaknya cocok banget dia main film petualangan, kayak macem the mummy itu. hannah diperankan oleh anita briem. yang asik lagi di sini ada josh hutcherson yang jadi sean. yah, soalnya dia manis sih meskipun masih kecil hehehe. kalo mau liat aksi josh yang lain, bisa nonton firehouse dog atau bridge to terabithia. kalau mau yang lebih lama lagi dia ada di zathura.

overall, lumayan. aku kasih tiga dari lima bintang deh buat film ini. nggak lepas dari hasil box office yang boleh juga.


images credit to iwatchstuff dan i09.

0 comments: