Sabtu, 16 Mei 2009

angel & demon




summer 2006 lalu, bersamaan dengan rilisnya x-men: the last stand, rilis juga sebuah film yang diangkat dari novel kontroversial karangan dan brown, da vinci code. sekarang, tiga tahun setelahnya, aku masih inget banget aromanya da vinci code itu ketika angel & demon dirilis, masih dengan tom hanks sebagai robert langdon, bintang utamanya.

sebenernya cerita angel & demon terjadi sebelum da vinci code, tapi karena da vinci code udah lebih dulu populer di seluruh dunia, maka da vinci code duluan yang difilmkan. angel & demon menceritakan pembunuhan kardinal2 di tengah kekosongan kepemimpinan umat katolik karena paus yang lama baru meninggal dan paus yang baru belum terpilih. ketika diadakan rapat besar di vatikan untuk memilih paus baru, ternyata terjadi serangan dari musuh lama yaitu kelompok illuminati.

robert langdon yang ahli simbol dipanggil ke vatikan buat membantu penyelidikan polisi. garda swiss yang ditugaskan di vatikan mulanya setengah nggak percaya sama langdon, malahan akses langdon ke arsip2 vatikan dipersulit. akhirnya, setelah mereka ngeliat sendiri satu persatu kardinal tewas dibunuh penjahatnya, mereka baru percaya bahwa langdon benar. nantinya kode-kode itu bakalan membawa langdon ke pembunuh yang sebenarnya.

salah satu aspek yang paling aku senengin dari film ini selain actionnya adalah camerlengo patrick mckenna. ini ada beberapa gambarnya si camerlengo. camerlengo ini diperanin sama ewan mcgregor. cocok banget dia pake baju pastor kayak gitu, kagak keliatan kalo dia udah punya 3 ekor. gile tuh obi wan, eh camerlengo.

karena filmnya masih diputer di bioskop, aku nggak mau ceritain secara detail atau bilang siapa pembunuh sebenarnya. kalo liatin dari awal bisa ditebak sih siapa yang bunuh, cuman ya agak twist aja. karena nggak sekontroversial da vinci code, jadi ayo semuanya nonton! hidup ron howard!

yihaaaa film2 summer bermutu mulai berdatangan!




images credit to this, this, this, and this site.

0 comments: