Sabtu, 16 Mei 2009

the curious case of benjamin button



film yang menang 3 oscar dari 13 nominasi ini emang baru turun di jogja, jadinya aku baru sempet nonton di bioskop beberapa hari lalu.

seperti yang udah kita semua denger, premisnya adalah bagaimana si benjamin, seorang anak yang lahir dalam keadaan tua tumbuh dewasa dan semakin muda. ketika perang dunia pertama berakhir, benjamin lahir dan bapaknya yang shock ngeliat rupanya langsung ninggalin dia di sebuah rumah semacam panti jompo. untungnya wanita yang punya panti jompo itu baik banget dan mau ngurusin benjamin yang jelek sampe gede.

awalnya waktu kecil benjamin sama sekali enggak bisa jalan, dia harus duduk di kursi roda kayak kakek2 umur 80-an. semakin bertambah usia, benjamin malah makin muda dan akhirnya dia bisa jalan. suatu hari benjamin ketemu sama anak kecil seusianya yang bernama daisy, daisy inilah yang nantinya jadi cinta sejati benjamin. beranjak remaja sampai dewasa, mulai banyak pengalaman hidup yang dialami benjamin, mulai dari jadi anak buah kapal, ketemu lagi sama daisy yang udah gede dan udah jadi penari balet, sampe ketemu lagi sama bapak kandungnya yang pengusaha kancing.

banjamin sempet punya anak dari daisy. anaknya sih normal, nggak kayak dia. karena benjamin bakalan terus makin muda dari hari ke hari, jadi dia memustuskan untuk ninggalin daisy dan anaknya, soalnya nggak mungkin dia makin muda sementara daisy dan anaknya makin tua. daisy pun nikah lagi sama orang lain, sementara benjamin berkelana ke mana-mana dengan fisik makin muda. ketika suatu hari dia dateng lagi untuk ketemu sama anaknya dan daisy, anaknya yang udah remaja sama sekali nggak ngenalin dia.

di akhir film, kita bakalan menyaksikan gimana benjamin berubah jadi anak kecil berumur belasan tahun lagi dan lupa ingatan, bahkan dia nggak inga daisy sama sekali. semakin hari benjamin makin muda, mulai dari anak belasan taun jadi anak tujuh taunan, trus lima taunan, jadi balita, sampe akhirnya benjamin meninggal sebagai bayi.

film ini sempet disebut sebagai proyek ambisiusnya sang sutradara, david fincher. memang iya sih, dengan budget $150 juta yang sebagian besar dihabisin buat special effect wajah brad pitt dari tua ke muda, film ini emang megang banget. untungnya gross worldwide sebesar $329 juta berhasil menjadikan film ini untung gede. ditambah 3 oscar lagi. asik.



gambar2 dari sini, sini, dan situ.

0 comments: