Jumat, 29 Mei 2009

terminator salvation




baru kemarin nonton film ini, dan aku langsung dibikin terkagum-kagum. sumpah beda banget sama tiga film terminator sebelumnya. action yang gile keren banget.

alkisah, di tahun 2003, seorang kriminal bernama marcus wright terbujuk untuk menyerahkan tubuhnya buat pengembangan ilmu pengetahuan akibat rayuan dr. serena kogan. dia nggak pernah tahu apa yang bakalan terjadi sama tubuhnya. tahun 2018, ketika manusia udah berperang melawan mesin ciptaan skynet dan terminator2 udah merajalela, terjadi penyerbuan ke markas skynet dipimpin john connor. john connor adalah pemimpin pemberontak ngelawan mesin numer satu masa itu. penyerbuannya lumayan sukses, tapi pasukan connor mati semua, cuman dia yang selamat. tapi connor nggak tau kalau ada satu mesin juga yang selamat, namanya marcus wright.

marcus wright nggak pernah tahu kalau dia sekarang udah jadi mesin. dia mengembara ke LA dan ketemu sama pemberontak paling dicari bernama kyle reese dan seorang anak kecil bernama star. dari situ mereka berusaha nyari di mana markasnya john connor. sayangnya di perjalanan kyle sama star ditawan sama mesin. marcus berusaha nyelamatin mereka, sayangnya nggak berhasil. tapi dia ketemu sama seorang pilot wanita anak buahnya john connor.

di perjalanan ternyata marcus kena ranjau darat. dari situlah dia baru tahu kalau sebenarnya dia mesin, sama aja kayak terminator. bahkan dia disuruh ngebunuh john connor. tentu aja marcus yang masih punya hati manusia nggak mau bunuh connor, dan dengan bantuan si pilot wanita marcus bisa meloloskan diri.

marcus yang kabur langsung dibombardir sama pasukan connor. karena dia mesin, tentu aja dia nggak mati2, malahan dia berhasil nemuin connor dan nawarin untuk nyusupin mereka ke markas skynet. connor setuju soalnya dia harus nyelamatin kyle reese.

jadi, siapa sebenarnya kyle reese ini? kenapa connor segitu ngototnya nyelamatin anak muda itu? trus berhasil gak marcus nyelundupin mereka dan bertahan hidup? lebih penting lagi, terutama yang udah kesengsem sama tokoh marcus wright, makhluk apa sebenarnya doski? semua akan terjawab di akhir film dan kalo aku tulis di sini bakalan kebanyakan spoiler.

dari segi pemerannya, christian bale sebagai john connor cukup oke. dia bisa lepas sih dari image bruce wayne. aku masih mikir kenapa nggak nick stahl lagi yang dicasting jadi connor, ngelanjutin perannya di T3? anyway, sam worthington yang jadi marcus wright juga keren banget. nggak keliatan kalo sebelum di salvation ini dia belum pernah aku liat di mana2, soale filmnya masih sedikit. selain mereka ada moon bloodgood yang jadi pilot wanita sama bryce dallas howard yang jadi istrinya connor. ada juga cameo dari arnie sebagai T800. asik juga akhirnya bisa ngeliat wajah pak gubernur california lagi walopun cuman beberapa detik.

kayaknya nggak salah kalo terminator salvation digadang2 sebagai salah satu film besar yang paling ditunggu2 tahun 2009 ini. sutradara McG garapnya asik banget sih. opening weekend sebesar $71 juta membuktikan hal itu.





images credit to this, this, this, and this site.

0 comments: