Selasa, 12 Mei 2009

watchmen



sebelum film ini dibuat, aku nggak tau apa yang namanya watchmen. sebenernya kelompok superhero ini cukup terkenal, tapi setelah dibuat filmnya aku cuman tahu kalau mereka adalah semacam x-men. sebelum nonton film ini, aku dapet info kalau filmnya bukan kayak film superhero pada umumnya dan berating R. wah, jadi penasaran nih kayak apa film superhero tapi ratingnya R.

kemarin aku barusan nonton film yang sebenarnya udah cukup lama turun ini. sayangnya di bioskop jogja baru turun minggu ini. cuma ada tiga kata buat menggambarkan film ini: gile, keren, banget.

mungkin pada bingung kenapa aku bisa bilang gitu. apa juga cerita filmnya?

jadi gini, ceritanya ada sekelompok superhero tahun 1940-an yang bernama minutemen (gambarnya ada di paling atas). minutemen bubar dan anggota-anggotanya bernasib tragis. ada beberapa yang dibunuh, ada yang masuk rumah sakit jiwa, jadi tua dan sakit, tapi ada satu yang berkeluarga dan punya anak. dia adalah sally jupiter alias silk spectre.

empat puluh lima tahun kemudian, tahun 1985, ancaman perang nuklir melanda dunia. ketegangan antara amerika serikat dan rusia sudah sampai titik yang paling tinggi dan kapanpun perang nuklir bisa meletus. saat itu, terjadi pembunuhan lagi terhadap salah satu mantan anggota minutemen, eddie blake alias the comedian. meninggalnya eddie menjadi waktu untuk mempertemukan mantan-mantan watchmen, penerus minutemen yang saat itu juga sudah pada pensiun jadi superhero. mereka adalah veidt, dan (nite owl II), laurie (silk spectre II) anaknya silk spectre, rorshcach, dan dr. manhattan.

pertamanya mereka semua nggak mau gabung untuk jadi superhero lagi karena udah asik dengan kehidupannya masing-masing. veidt udah jadi milyuner, dan udah jadi orang kantoran berkacamata, laurie pacaran dengan dr. manhattan dan tinggal di pusat riset militer. sementara itu rorschach yang berusaha mengumpulkan mereka curiga kalau dengan kematian the comedian, ada orang yang mau ngebunuhin satu-satu mantan anggota watchmen.

lewat kejadian-kejadian yang mengalir sepanjang filmnya, akan ada banyak adegan flashback yang bakalan mengungkap masa lalu masing-masing anggota watchmen dan minutemen yang kelam. ternyata masing-masing anggota punya kepahitan masa lalu yang masih terbawa sampai sekarang. mereka juga terjebak kesulitan masing-masing. laurie meninggalkan dr. manhattan dan malah terjebak cinlok sama dan nite owl II. rorschach ketangkep polisi dan dipenjara. dr. manhattan yang ditinggal laurie jadi nggak peduli lagi sama ancaman nuklir dan lebih banyak menyendiri di planet mars.

kesulitan masing-masing di sepanjang film membawa mereka ke siapa yang jadi dalang pembunuhan the comedian. pembunuhnya itu juga menyiapkan rencana untuk memfitnah dr. manhattan dan beralasan mau menyelamatkan dunia dari perang nuklir. jadi, siapa pembunuh itu sebenernya? siapa juga ayahnya laurie? siapa aja yang akhirnya mati? semuanya akan terjawab di akhir film.

menurutku, watchmen memang agak susah dimengerti apalagi kalau sama anak kecil. lagian, selain sudut pandangnya murni orang dewasa, jalan ceritanya juga sangat kompleks. mungkin banyak anak kecil yang tertarik nonton watchmen karena premis awalnya yang digadang-gadang adalah 'superhero'. sebenernya bukan itu, premisnya yang bener adalah 'superhero yang banyak masalah'. jadi, emang film ini adalah film superhero buat orang dewasa, mirip kayak the dark knight yang juga kelam ntu.

film ini juga dilabeli rating R bukan hanya karena ada adegan romantis antara silk spectre II dan nite owl II, tapi juga karena visualisasinya terhadap kekerasan sangat rinci. banyak darahnya lho di film ini, kalau nggak kuat mendingan nggak usah nonton deh daripada merem melulu. salut buat zack snyder, sutradaranya, yang udah dengan cerdas bikin film ini. begitu juga buat pemain2nya yang keren, ada malin akerman yang jadi laurie, patrick wilson yang jadi dan, jeffrey dean morgan yang jadi the comedian, de el el banyak banget sampe gak bisa disebutin satu2.

brava! nggak sia-sia deh nunggu film ini turun lama banget.





images credit to this, this, this, and this site.

0 comments: