Kamis, 29 Oktober 2009

dawson's creek season 1


nonton serial ini bagi webmis nggak lain adalah nostalgia. sebelas taun lalu, ketika webmis masih usia es em pe, nonton dawson's creek adalah suatu kewajiban. waktu itu webmis langganan majalah kawanku dan waktu majalah kawanku ngebahas dc, kayaknya keren banget gitu serial ini. sayang waktu tayangnya di tpi yang terlalu malem bikin webmis menemukan banyak hambatan buat nontonnya, antara lain karena jam tidur udah lewat dan di kamar nggak ada tipi.

sebelas tahun kemudian, ketika webmis udah di ujung2 kuliah magister, timbul lagi keinginan untuk nonton serial ini sekaligus nostalgila. kalo dulu susah banget mau nontonnya, sekarang webmis bela2in mesen serial ini online, rencananya sih season 1-6 semuanya mau ditonton kalau memungkinkan. jadi, setelah season 1 selesai, mulai bisa ngerasain lagi sih kehidupan remaja 15-16 tahunan di masa sebelas tahun lalu, tahun 1998.

dawson leery lahir dan tumbuh di sebuah kota kecil bersama dua teman akrabnya, josephine 'joey' dan pacey. dia adalah seorang cowok yang terobsesi dengan film, terutama karya2nya stephen spielberg. walaupun seorang cewek, dari kecil joey nggak segan2 untuk nginep dan main2 di rumah dawson, sedangkan pacey adalah salah satu temen yang paling memahami dawson. ketika mereka udah 15 tahun dan udah masuk sma, joey mulai merasakan suka sama dawson. pertamanya dia emang masih berusaha menghindari perasaannya, tapi ketika dawson mulai pacaran sama seorang anak baru bernama jen, cemburunya joey pun mau nggak mau keliatan.

dawson yang belum pernah pacaran sebelumnya tentu aja awalnya agak bingung2 gimana mau membina hubungan sama jen yang berasal dari new york. di new york jen dikenal sebagai playgirl dan udah banyak pengalaman sama cowok, sementara dawson cuman seorang cowok polos yang tumbuh di kota kecil. di sini dawson banyak belajar, mulai dari belajar ciuman, ke pesta dansa, sampe pada akhirnya dia harus putus juga dari jen. gara2nya adalah mantannya jen dateng ke kota mereka dan jen merasa udah nggak bisa lagi jalan sama dawson.

masalah pacey lain lagi. dia naksir sama seorang wanita yang berumur dua kali lipat dari umurnya sendiri. dan parahnya lagi, wanita yang bernama tamara itu adalah guru sastra inggris mereka. pacey dan tamara sempet berhubungan serius sampe tamara akhirnya sadar dan pindah ke kota lain. sementara itu, pacey, joey, dan jen masih harus bantuin dawson untuk syuting film buat perlombaan.

dawson's creek season 1 memang punya plot utama yang bisa dibilang sederhana. seperti serial2 remaja lainnya, setiap tokoh punya masalahnya masing2 sehingga menciptakan banyak cabang2 plot. contoh salah satu sub plot yang paling kuat adalah masalahnya joey. joey tinggal sama kakak dan pacar kakaknya, tanpa orangtua. sub plot lainnya adalah masalah jen yang dikirim ke kota kecil itu oleh ayahnya supaya jauh dari pengaruh buruk temen2nya. jen hanya tinggal sama nenek yang menurutnya sok suci, sedangkan dia sendiri adalah seorang atheis.

dari segi pemerannya, temen2 yang seumuran atau lebih tua dari webmis mungkin udah pada tau. dawson diperakan oleh james van der beek, joey oleh katie holmes, pacey oleh joshua jackson, dan jen oleh michelle williams. james van der beek karirnya nggak pernah sukses2 amat, dia cuman pernah membintangi beberapa film pasca dawson, seperti texas rangers. joshua jackson lain lagi. dia sempet muncul di film2 the mighty ducks dan belakangan aktif di serial fringe. kalo michelle williams pernah main di brokeback mountain pasca dawson, di mana dia ketemu alm. heath ledger yang kemudian jadi ayah dari anaknya. yang paling sukses mungkin katie holmes. istri tom cruise ini tampil di banyak banget film pasca dawson, seperti abandon, first daughter, teaching mrs. tingle, dan banyak lagi sampai yang budgetnya paling besar mungkin batman begins.

kalo dulu webmis nonton serial ini, keliatannya kok keren bangeeet gitu ya. plus webmis jadi ngefans banget sama james van der beek. kalo diliat sekarang sih biasa2 aja semua, lebih pada sisi nostalgianya. yang jelas, kalo ngeliat mereka semua main di dc, aku cuman bisa mikir kalo salah satu di antara mereka nantinya bakalan punya anak dari heath ledger, salah satunya bakalan jadi istrinya tom cruise, salah satunya bakalan punya pacar supermodel yang superseksi, dan salah satunya bakalan jarang kedengeran lagi namanya.

sungguh jalan hidup memang nggak bisa ditebak. termasuk untuk para aktor dan aktris hollywood yang notabene supercool.

0 comments: