Minggu, 18 Oktober 2009

slumdog millionaire





jamal malik lagi duduk di kursi panas di acara who wants to be a millionaire versi india. satu pertanyaan lagi dia bakalan jadi jutawan dengan memenangkan hadiah tertinggi, 20 juta rupee. sayang banget bel udah berbunyi dan syuting harus dilanjutkan keesokan harinya karena waktu habis. tapi di perjalanan pulang jamal malah ditangkap polisi dan diinterogasi karena dikira curang. nggak ada yang percaya orang dari wilayah kumuh macem jamal bisa hampir menang 20 juta rupee. gitu kira2 premisnya film yang meraih best picture, best director, dan banyak penghargaan lainnya di oscar 2009 ini.

balik lagi ke premis barusan, ternyata jamal sama sekali nggak curang. dia bisa menjawab semua pertanyaan yang diajukan prem, presenternya, karena pengalaman masa kecilnya yang luar biasa. sejak kecil jamal dan kakaknya, salim, udah kehilangan ibu mereka yang meninggal waktu ada bentrokan warga. jamal dan salim berusaha survive dengan kerja jadi apapun, sampe mereka direkrut untuk dijadikan pengemis. jamal dan salim berhasil kabur, tapi latika tertangkap.

jamal dan salim melanjutkan petualangan mereka dengan jadi pemandu wisata palsu di taj mahal. selain itu mereka juga nyolongin sendal dan sepatu untuk dijual lagi. setelah itu, mereka kerja di dapur salah satu hotel. mereka selalu dikejar2 sama penjahat yang dulu mau menjadikan mereka pengemis. di sini mereka sempat terpisah sampai jamal dan malik udah besar dan hidup dengan pekerjaan masing2.

jamal nggak berhenti mencari latika, padahal latika sekarang udah tinggal di rumah javed, penjahat yang selalu menyiksa dia. susah payah latika dan jamal berusaha melarikan diri, sampai ketika jamal dilepaskan polisi dan diperbolehkan meneruskan syuting who wants to be a millionaire yang tinggal menyisakan satu pertanyaan, jamal masih menggunakan fasilitas phone a friend ke latika. jamal pun menang 20 juta rupee walaupun dia dicurangi sama prem.

pemain2nya juga berakting dengan sangat baik meskipun belum terlalu terkenal. jamal malik diperankan oleh dev patel. nggak percaya deh dev patel yang pernah tampil bugil dan aneh2 di serial skins bisa jadi jamal yang seperti di film ini. latika diperankan oleh freida pinto, selain itu mereka juga dibantu oleh aktor-aktris cilik untuk penggambaran pengalaman masa kecil mereka. sutradaranya sendiri, danny boyle, adalah sutradara asal inggris yang bikin 28 days later kalo nggak salah. wah hebat juga nih danny boyle bisa buat film ini dan dapet oscar sebagai sutradara terbaik.

film yang satu ini memang pantas dapet oscar sebagai best picture mengalahkan film2 bagus lainnya. idenya yang nggak biasa, ditambah settingnya yang juga nggak biasa bikin orang nggak bosen nontonnya. seperti yang dikatakan salah satu majalah film, kalo kita di indonesia memang udah sering ngeliat kemiskinan dan banyak juga film india yang diputer di salah satu stasiun tv, tapi di amrik sana film kayak ini bener2 mempesona juri2 oscar.

ada banyak adegan2 yang berkesan buat webmis di film ini. misalnya aja waktu jamal kecil bela2in nyebur ke empang penuh kotoran manusia cuman untuk dapet tanda tangan idolanya, amitabh bachchan. ada lagi adegan yang sangat ikonik adalah waktu latika lari2 di stasiun kereta api dan lari2 ke mobilnya untuk menjawab phone a friend jamal. film ini juga ditutup dengan adegan tari heboh yang lazimnya selalu ada di setiap film india dengan lagu jai ho. direkomendasikan.

0 comments: