Jumat, 18 Desember 2009

avatar




kalau disuruh menggambarkan dalam satu kalimat, webmis akan bilang: film ini membuat webmis merasa beruntung hidup di tahun 2009. kalo webmis hidup di tahun 1922, mungkin webmis bisa liat premier film nosferatu yang bisu. kalo webmis hidup di tahun 1933, mungkin webmis bisa liat premier film king kong original. dan kalo webmis hidup di tahun 1976, mungkin webmis bisa jadi saksi sejarah lahirnya franchise rocky. tapi ini, di tahun 2009 webmis beruntung banget bisa hadir di premier film avatarnya james cameron, di hari pertama turun.

agak susah juga menggambarkan kemegahan film supermahal yang satu ini. yang jelas, ceritanya berpusat pada seorang mantan marinir bernama jake sully. jake lumpuh karena suatu kecelakaan. suatu hari dia diminta untuk menggantikan saudara kembarnya, tommy, pergi menjalankan suatu misi di planet pandora. pertamanya jake heran karena dia marinir, bukannya ilmuwan macem tommy. di planet pandora jake harus masuk dalam avatar dirinya, yang berbentuk na'vi, makhluk pribumi planet itu.

dalam tubuh na'vi-nya yang berkulit biru dan tinggi besar tentu aja jake seneng banget, mengingat dia bisa jalan dan lari2 lagi. misi utama jake adalah masuk ke dalam komunitas na'vi dan bernegosiasi dengan mereka untuk relokasi, sehingga manusia bisa ngambil kekayaan alam mereka. kekayaan alam ini adalah unobtanium, yang sekilonya berharga 20 juta dolar. karena suatu insiden jake terpisah dari temen2nya dalam bentuk na'vi dan untungnya dia ditolong sama neytiri, anak kepala suku. jake semakin akrab sama neytiri dan mulai belajar kebudayaan na'vi sampai dia mahir berperang dan bicara bahasa na'vi. dia juga mulai cinta2an sama neytiri sampe atasannya menganggap dia udah kelewat batas.

karena udah jadi salah satu bagian dari na'vi, jake lama2 jadi tahu gimana hubungan mereka dengan hutan tempat tinggal mereka. jake jadi nggak suka sama rencana manusia buat merelokasi dan mengeksploitasi unobtanium di hutan2 itu. dibantu beberapa temennya, jake berbalik melawan kaumnya sendiri di dunia nyata. dia ikutan berperang sama makhluk na'vi lainnya ketika manusia dateng dengan pesawat2 mereka dan meledakkan apa aja yang kelihatan. korban berjatuhan di kedua belah pihak sampai akhirnya jake berhadapan dengan pimpinannya sendiri, kolonel quaritch.

sutradara james cameron membutuhkan total 12 tahun sejak titanic sampai avatar rilis. bukan waktu yang pendek untuk menciptakan sebuah film, tapi semuanya terbukti dengan avatar ini. dari segi cerita mungkin emang nggak terlalu rumit, tapi asiknya berkaitan dengan pelestarian alam. mungkin ada pesan go green2 nya juga. kisah cintanya juga mirip2 yang di titanic. ada seorang cowok suka sama cewek dan ada tunangan cewek itu yang gangguin. intinya menurut webmis bukan di situ, tapi betapa keren CGI-nya. webmis yang udah biasa nonton film hollywood yang penuh dengan pameran CGI masih bisa dibuat melongo dengan tampilan hutan2 pandora yang luar biasa bagusnya, apalagi di malam hari. semuanya keliatan bercahaya, rumput aja bercahaya kalo kena injak.

dari sisi pemainnya, webmis angkat jempol buat keberuntungan sam worthington dan zoe saldana. nama pertama baru aja kita liat di terminator salvation sebagai marcus wright dan sebentar lagi bakal nongol juga di clash of the titans. nama kedua juga baru kita liat di star trek sebagai uhura. mereka emang cakep dan cantik dengan diperlengkapi akting yang bagus. webmis juga bisa bilang kalo sam worthington jadi salah satu hal yang paling eye catching di sini. dia kelihatan tetep seksi walaupun lumpuh dan harus duduk di kursi roda. bahkan dalam wujud na'vi yang biru itu pun dia kelihatan okeh.

harapan webmis yang paling besar adalah avatar bisa dapet gross yang buanyak, tentunya berkali2 lipat dari budgetnya yang ratusan juta dolar itu. kalo bisa sih melebihi new moon hehehe. webmis ucapin selamat dan sukses untuk semua rombongan orang2 yang menciptakan avatar sampe bisa hadir di hadapan kita semua. nggak salah lagi avatar adalah salah satu film terbaik di penghujung tahun ini.

2 comments:

aziz miring mengatakan...

aq blm nonton euy.,.,

kpn2 nonton ah.,.

oia,
salam kenal.,.,.

webmistress mengatakan...

buruan nonton sebelum filmnya habis, rugi lho