Jumat, 18 Desember 2009

king



king turun bersamaan dengan garuda di dadaku musim liburan kemarin. sayang banget webmis nggak sempet nonton yang ini, karena ternyata dua2nya bagus dan sama2 bertema olahraga. jarang2 ada film indonesia yang begitu.

guntur tinggal di sebuah desa bersama ayahnya. ibunya sudah lama meninggal dan ayahnya melatih dia bulutangkis dengan keras. guntur sebenernya jago main bulutangkis, sayang ayahnya yang cuma seorang pengumpul bulu angsa nggak punya uang untuk beliin raket baru. untuk tanding aja guntur harus minjem raket dari tetangganya. semuanya jadi runyam ketika raket pinjaman itu senarnya putus. guntur dan raden, temen setianya, berusaha mengganti senar raket itu dengan senar gitar dan senar tali balon gas. tentu aja guntur malah dihukum karena nyolong gitar dan balon orang.

dengan bantuan seorang temen baru bernama michelle, guntur bisa masuk ke klub bulutangkis lokal. di klub itu guntur bermain dengan bagus sampai dia berkesempatan mengikuti seleksi klub djarum di kudus. lagi2 guntur kesusahan karena ayahnya nggak punya uang untuk ongkos ke kudus. untungnya tetangga2 guntur yang semuanya gila bulutangkis mau bantu. salah seorang tetangganya yang punya mobil bersedia nganter guntur ke kudus untuk seleksi. sampai di gedung ada lagi masalah karena guntur nggak bawa surat pengantar dan pelatihnya nggak ada. guntur lagi2 dapet bantuan, kali ini dia langsung dibantuin sama haryanto arbi, salah satu mantan pemain indonesia.

setelah melalui banyak rintangan dan persaingan akhirnya guntur berhasil jadi salah satu anak yang terpilih. jaketnya dipakaikan langsung oleh salah satu legenda indonesia, liem swee king. kebetulan king ini juga idola ayahnya guntur. dalam waktu singkat guntur jadi pemain nasional dan menang di kejuaraan asia U16. ayah guntur dan orang2 sekampungnya pun seneng setengah mati.

kalo ditelaah, ceritanya emang senada sama garuda di dadaku. kalo garuda di dadaku punya bayu yang bermimpi jadi anggota timnas sepakbola U13 dibantu temen2nya, di king ada guntur yang bermimpi jadi pemain bulutangkis dengan bantuan raden dan michelle. keduanya bagus sih, dengan bintang anak2 yang aktingnya keren2 juga. asiknya lagi di king ini ada beberapa mantan pemain bulutangkis indonesia yang jadi cameo. selain ada arbi, king, sempet keliatan juga imelda wiguna.

di FFI kemarin king juga dapet beberapa nominasi. mamiek prakoso jadi nominasi pemeran pembantu pria terbaik, sayangnya nggak menang. king dapet piala citra dari penata musik terbaik aksan dan titi syuman. secara keseluruhan king adalah film yang keren, karena mengingatkan webmis pada demam ricky-rexy dan candra-sigit sekitar sepuluh tahun lalu. mereka yang waktu itu masih perkasa menang sana sini, sekarang udah jadi bagian dari legenda indonesia. cheers!