Jumat, 11 Desember 2009

thomas kinkade's christmas cottage





setelah nonton a christmas carol yang beraroma natal, masih ada lagi film video ini yang juga beraroma sama. walaupun film ini untuk konsumsi dvd dan rilisnya udah setahun lalu, tapi mungkin juga dirilis dalam bentuk vcd buat memeriahkan natal yang tinggal dua mingguan lagi sejak posting ini diturunkan.

christmas cottage berfokus pada kisah seorang pria muda bernama thomas kinkade yang jago ngelukis. selain itu film ini juga menggambarkan gimana sebuah kota kecil di amrik sana bersiap menghadapi datangnya hari natal. di tahun 1977, thomas alias tom tinggal bersama ibunya dan adik laki2nya, pat. ayahnya sudah pisah dari ibunya dan bekerja sebagai koki. kehidupan tom dan keluarganya sendiri cukup sederhana tapi bahagia. setiap hari dia bisa hepi2 sama adik dan ibunya naik motor gandeng punya mereka.

suatu hari tom surat tagihan hutang ibunya. ternyata ibunya punya hutang sekitar 3000 dollar dan harus dilunasi dalam waktu dua minggu. bank udah nggak mau ngasih perpanjangan waktu karena udah sering banget mereka ngasih kelonggaran. tentu aja tom dan pat berusaha untuk nyari kerja sambilan supaya mereka bisa punya uang lebih. ibu mereka awalnya melarang karena menurutnya soal uang adalah tanggung jawabnya sebagai seorang ibu. pat kerja sambilan sebagai tukang lampu di salah seorang kenalan mereka, sementara tom disuruh ngelukis mural dengan bayaran 500 dollar.

tom diminta untuk melukis sebuah dinding dengan tema natal. awalnya tom bingung lukisan natal macam apa yang bakalan ditaruh di situ, tapi dia dapet ide cemerlang dengan memasukkan gambar2 penduduk kota itu sendiri. misalnya aja, dia melukis kakek2 dan anjingnya yang selalu mampir untuk nyapa dia waktu ngelukis. lukisan tom dapet pujian dari kenalan2nya, tapi sayang bos yang membayarnya nggak suka. belum lagi ayah tom yang dateng ke kota mereka masih nggak akur sama ibunya.

yang webmis seneng banget sama film ini pemeran utamanya adalah jared padalecki sebagai thomas kinkade. tau kan jared yang pernah masuk jajaran CK? ternyata selain sibuk main film horor2an di supernatural dan friday the 13th, doski sempet juga nih syuting film natal ini tahun lalu. keyen. jared dibantu oleh aaron ashmore (kembarannya shawn ashmore) sebagai pat dan marcia gay harden sebagai ibunya. masih ada juga aktor kawakan peter o'toole di film ini. pendek kata, keberadaan jared padalecki menyegarkan mata lah.

alur film ini emang terkesan lambat, apalagi kebanyakan adegan adalah tom ngelukis atau tom lagi ngemeng2 sama pria tua kerabatnya. settingnya yang penuh salju juga menjadikan webmis yang nonton agak kedinginan (loh?) walaupun saljunya nggak setebal di film whiteout. secara keseluruhan christmas cottage emang film yang manis dan tenang, cocok dinikmati sama keluarga di depan perapian waktu natal. gitu kalo di amrik sana.

0 comments: