Jumat, 11 Desember 2009

solstice



solstice adalah posisi di mana matahari berada pada titik paling jauh dari bumi. begitu kalo nggak salah. terus, apa hubungannya solstice sama setan2an dan saudara kembar yang penuh rahasia? mari kita simak resume film ini.

saudara kembar megan, sophie, baru aja meninggal. megan tentu aja masih shock dan untuk menenangkan diri dia pergi sama temen2nya ke rumah peristirahatan keluarga mereka yang terpencil. salah satu temen megan yang pergi bareng dia adalah christian, mantan pacarnya sophie. di awal liburan mereka semuanya udah terasa aneh. megan selalu merasakan kehadiran sophie di rumah peristirahatan mereka sejak pertama kali dia masuk. banyak kejadian aneh yang dialami megan, seperti lampu mobil yang nyala sendiri malem2, jejak kaki penuh lumpur di kamarnya, dan gantungan kunci bentuk boneka milik sophie yang selalu tiba2 ada sendiri.

megan dan temen2nya juga berkenalan sama cowok lokal penjaga toko bernama nick. nick ini suka banget sama hal2 yang berbau mistis. karena nick orangnya bersahabat (dan ganteng pula), nick diundang makan malem bareng mereka. christian yang sempet cinta2an sama megan mulai cemburu. selain nick masih ada juga pria tua bernama leonard yang serem, sempet dicurigai megan berhubungan dengan kematian sophie.

kejadian2 aneh yang dialami megan makin jadi sampe dia ngeliat setan yang wujudnya item semua. karena penasaran megan masuk ke rumah leonard tanpa izin dan menemukan artikel tentang hilangnya seorang anak perempuan. setelah nanya2 sama nick, megan tau kalo yang hilang itu adalah cucunya leonard bernama malin. hantu cucunya leonard ini yang selama ini meneror megan. terus, apa hubungannya malin yang hilang sama megan? ternyata waktu liburan yang lalu sophie dan christian pernah nggak sengaja nabrak malin sampai tewas. karena takut bakalan dipenjara, mereka menguburkan gitu aja malin di hutan2 sekitar situ. arwah malin yang nggak tenang pun menghantui megan, soalnya sophie-nya udah meninggal juga.

dari plot dan ketegangannya sih film ini lumayan oke, tapi masih kebanyakan pake formula cilukba yang udah sering banget dipakai film2 horor pada umumnya. maksudnya terlalu sering ngagetin penonton, bukan bikin takut. misalnya aja waktu adegan lampu mobil nyala sendiri. sosok setannya juga keliatan digital, lumayan serem sih dengan warna item semua dan cuman keliatan matanya doang. sayangnya nggak dijelaskan apakah sophie mati karena kutukan malin atau emang mati aja. hubungan antara solstice dan semua kematian ini juga nggak terlalu jelas. selain itu masih ada lagi upacara pemanggilan arwah yang gagal, yang sebenernya nggak ada juga nggak apa2.

megan dan sophie diperankan oleh elisabeth harnois. cewek ini pernah main bareng jesse mccartney di film keith. christian diperankan oleh shawn ashmore. yang ini sih udah sering kita liat, termasuk kakak kembarnya yang baru aja dibahas di thomas kinkade's christmas cottage sebelum postingan ini. shawn paling dikenal lewat perannya sebagai bobby drake si iceman dalam franchise x-men. kalo di sini perannya sebagai christian sih biasa2 aja, kecuali mungkin kita nggak menduga kalo dia penjahatnya. mereka masih dibantu sama beberapa pemeran lain, termasuk amanda seyfried yang jadi salah satu temen mereka juga. amanda seyfried ini pernah main di musikal mamma mia dan baru aja muncul di jennifer's body bareng megan fox. yang jelas, selain megan dan christian, kayaknya tokoh yang lain juga nggak ada nggak apa2 deh.

sebenernya solstice udah rilis sejak taun lalu dan diproduksi untuk konsumsi video. nggak tau kenapa kok ditayangin di 21. beberapa bulan lalu film ini pernah turun di jakarta dan sekarang turun di jogja. karena udah nggak ada pilihan lain soalnya semua film udah webmis tonton, jadilah kemarin webmis nonton solstice. rasanya agak rugi juga sih, soalnya bisa nunggu vcd orinya rilis. itu juga kalo rilis.

0 comments: