Rabu, 16 Desember 2009

identitas



identitas emang cuman turun sebentar di bioskop, bahkan webmis juga nggak sempet nonton terutama karena belum tau ceritanya tentang apaan. beberapa bulan kemudian, ternyata film yang nggak banyak dipromosikan ini justru dapet banyak nominasi dalam FFI 2009. salah satunya bahkan nominasi film terbaik taun ini. bertepatan dengan itu, vcd orinya keluar pula. jadilah webmis penasaran pengin tau ceritanya.

adam adalah seorang pria yang pekerjaannya mandiin mayat di rumah sakit. dia tinggal sendirian di rumahnya yang sempit. sehari2 adam lebih banyak di rumah sakit, ngurus jenazah2 sambil main harmonika. rumah sakit tempatnya bekerja, rumah sehat sakit, juga bukan rumah sakit yang baik. masih banyak orang yang nggak punya uang ditolak buat berobat. keadaan di bangsal juga memprihatinkan dengan suster yang galak dan obat yang harus dibeli setiap hari. belum lagi banyak jenazah yang minta diduluin dengan alasan orang penting.

adam sering memperhatikan seorang wanita muda yang bapaknya dirawat di bangsal. setiap hari wanita muda ini nungguin bapaknya dan pada suatu saat akhirnya adam bisa berkenalan sama wanita itu. mereka murni bersahabat, kadang2 wanita ini juga nginep di rumahnya adam karena kontrakannya udah digusur. wanita ini juga sering mengeluh karena resep obat bapaknya harus ditebus dua hari sekali dengan harga yang mahal, jadi dia harus jual diri untuk cari uang. dia nggak bisa punya jaminan kesehatan karena nggak punya identitas dan dianggap penduduk gelap. dengan bantuan adam akhirnya wanita ini bisa dapet jaminan kesehatan walaupun tanpa identitas.

belum sempet mereka mengurus jaminan kesehatannya, wanita itu udah ngilang. beberapa hari kemudian di televisi ada berita penemuan mayat korban pembunuhan yang ternyata adalah mayat wanita tanpa identitas itu. jenazah itu kemudian dikirim ke rumah sehat sakit dan dibiarin gitu aja. karena nggak ada keluarga yang menjemput, jenazahnya bisa jadi bakalan dibeli sama mahasiswa kedokteran buat percobaan. adam nggak rela dan dia menikahi jenazah wanita itu.

film ini dibintangi sama aktor senior tio pakusadewo sebagai adam. selain itu ada juga leony vh yang jadi wanita tanpa identitas. akting mereka keren2, jadi nggak heran kalo pada dapet nominasi pemeran terbaik di FFI. masih ada beberapa pemeran pembantu yang juga terkenal di sini, walaupun porsinya sedikit. yang jelas film ini bukan menekankan pada siapa pemerannya, tapi pada ceritanya. menurut webmis ceritanya sangat unik dan jujur. emang di indonesia rumah sakit kebanyakan masih kayak yang digambarkan di film ini. selain itu, webmis masih inget sama perkataan salah satu tokoh di film ini, yaitu bahwa semua orang sekarang mencari identitas. identitas dianggap sangat penting, tanpa identitas nggak bisa apa2 seperti wanita yang namanya nggak disebutkan tadi.

0 comments: