Jumat, 18 Desember 2009

sang pemimpi




ikal is back. kali ini dengan temen2 barunya arai dan jimbron. kalo laskar pelangi menceritakan perjalanan ikal waktu masih usia sd, sang pemimpi menceritakan perjalanan ikal melewati masa remajanya.

ikal dan arai, sepupu jauhnya, hijrah ke manggar karena di gantong belum ada sma. mereka juga ditemani sama jimbron, sobat mereka selama beberapa tahun terakhir. jadilah ikal bersama arai yang tukang mimpi dan jimbron yang gagap plus suka banget sama kuda tinggal di sebuah kontrakan. mereka sekolah sambil kerja di pusat kulakan ikan di pelabuhan. namanya remaja, tentu aja mereka kadang bandel2. belum lagi masalah cinta yang dihadapi arai dan jimbron. arai cinta mati sama temen sekolahnya yang bernama zakiah nurmala. jimbron naksir sama cewek yang kerjanya di pasar.

sebagai pemimpi, arai ngajak ikal untuk ikutan mimpi melanjutkan kuliah di jakarta terus ngejar beasiswa ke paris. mimpinya itu gara2 guru mereka yang namanya pak balia. arai nggak pernah menyerah, tapi ikal kadang2 ragu. dia sempet berpikir untuk ke luar negri dengan cara jadi pelaut aja, apalagi waktu itu ayahnya kena phk dan nggak mungkin membiayai mereka. dengan nasihat dari kepala sekolahnya yang keras tapi baik, ikal dan arai jadi juga berangkat ke jakarta untuk masuk UI.

perjalanan mereka lagi2 nggak mulus. di jakarta selama beberapa waktu mereka kerja serabutan sampai akhirnya lolos sipenmaru. setelah lulus juga mereka masih aja hidup susah. ikal masih untung dapet kerja tetap di kantor pos sebagai tukang sortir, tapi arai nggak dapet kerja tetap lagi. arai pun menghilang lama sebelum akhirnya mereka dipertemukan lagi lewat beasiswa s2 ke paris.

sang pemimpi masih diperkuat sama bintang2 seperti mathias muchus dan rieke dyah pitaloka. sosok guru nggak lagi diperankan tora sudiro, tapi digantikan sama nugie. pemeran ikal kecil juga kembali lagi untuk memerankan ikal smp. penampilan khusus dari ariel peterpan (kalo di film ditulisnya nazril ilham) dan beberapa pemusik lainnya cukup keren dan bisa jadi scene stealer. akting2 bintang remaja lainnya juga bagus2.

sama seperti laskar pelangi, film ini menurut webmis keren banget. ada beberapa adegan lucu (misalnya waktu arai belajar gitar) dan ada juga adegan mengharukan (misalnya waktu ikal ngejar bapaknya yang naik sepeda). walaupun sedihnya menurut webmis nggak sesedih laskar pelangi, tapi tetep aja mbak2 di sebelah webmis nangis. nggak kayak webmis yang udah mati rasa sama film sesedih apapun hehhehehe. pokoknya wajib nonton yak, mumpung filmnya masih anget turun di bioskop. patut dinantikan juga nih prestasi2 yang bakal dicapai sama film keren ini.

0 comments: