Senin, 17 Agustus 2009

300


ni film emang udah lumayan lama, rilisnya taun 2007. tapi, karena beberapa hari lalu baru diputer di salah satu stasiun televisi swasta (pertama kali di layar tv), aku jadi kepingin bahas film keren yang satu ini.

ceritanya, entah zaman abad ke berapa sebelum masehi dulu, terdapat sebuah kerajaan yang namanya sparta. sparta dipimpin oleh seorang raja seksi dengan perut six pack bernama leonidas. leonidas dan semua cowok2 sparta lainnya udah dilatih sejak usia 7 tahun untuk jadi prajurit tangguh dan latihannya nggak tanggung2. sampai udah waktunya tiba, leonidas kembali sebagai raja sparta.

suatu hari, sparta kedatangan utusan persia yang nyolot. leonidas pun kesel soalnya utusan itu sempet ngejekin permaisurinya juga. utusan2 persia itu malah berakhir mati di lubang tanpa dasar. tentu aja xerxes, raja persia yang tingginya 7 kaki, marah banget sama leonidas karena ngebunuhin utusannya, maka terjadilah perang antara sparta dan persia.

petinggi2 sparta pada nggak setuju kalo leonidas mau perang ngelawan orang2 persia. karena penolakan ini, leonidas hanya membawa 300 orang tentara terbaiknya ke medan perang, untuk menghadapi sejumlah besar pasukan persia. pasukan persianya sendiri mungkin ada ratusan ribu orang. nah lho, gimana caranya leonidas bisa mimpin pasukannya yang cuman berisi 300 orang ini biar bisa menang? ternyata emang tentara2 sparta bukan tentara sembarangan karena mereka udah dilatih dari kecil.

taktik mereka keren2 banget, mereka berusaha giring tentara2 persia ke sebuah celah di mana jumlah mereka yang besar jadi nggak berarti. di sana bahkan tentara2 persia membangun tembok dari jenazah2 prajurit yang tewas. bener aja, di beberapa pertempuran pertama sparta menang tanpa kehilangan banyak prajurit, malah persia yang kewalahan. di akhir2 film malahan xerxes bisa dibunuh sama leonidas. tapi namanya aja kurang jumlah, leonidas tetap kehabisan pasukan di saat2 akhir, di mana mereka harus menghadapi hujan panah dari pasukan persia.

permaisurinya leonidas sendiri berusaha ngebantu dengan membujuk petinggi2 sparta untuk ngirim pasukan tambahan, tapi ketika pasukan tambahan udah mau dikirim ternyata leonidas dan semua pasukannya udah tewas. cerita tentang keberanian 300 orang ini kemudian menyebar dari salah seorang pasukannya yang selamat dan sejak itu sparta menurunkan puluhan ribu orang untuk memerangi persia.

film ini dibuat hanya dengan budget sekitar $65 juta tapi berhasil meraih worldwide gross $456 juta. asyik kan. salah satu bukti bahwa nggak harus pake budget raksasa kayak transformers buat bikin film bagus. mungkin budgetnya nggak terlalu besar karena nggak banyak pemain ngetop yang ikutan, cuman gerald butler (yang jadi leonidas) dan lena headey si sarah connor (yang jadi permaisuri) doang. selain itu, film ini digarap sama zack snyder dengan gaya komikal banget, jadi nontonnya berasa kayak lagi baca komik. wajar aja soalnya 300 diangkat dari novel grafis. sama persis dengan yang aku rasain waktu nonton watchmen, salah satu karya snyder juga.

0 comments: