Senin, 24 Agustus 2009

friday night lights

garryyyyy i love youuu!!





bisa dibilang ini adalah versi layar lebarnya serial tv friday night lights yang booming di amrik sana, walaupun di versi layar lebar ini pemerannya ganti semua. tapi sama sih, masih berkutat dengan soal football.

cerita berkisar tentang odessa-permian, sebuah tim SMU dengan tradisi juara. masing2 anggota tim ini punya masalah sendiri di tengah2 tekanan berat dari masyarakat odessa yang mengharapkan mereka masuk ke kejuaraan negara bagian.

tokoh utamanya, mike winchell, punya ibu yang jago banget tentang strategi football dan sangat mengharapkan mike dapet beasiswa football untuk kuliah. boobie adalah pemain paling jago dan paling sombong di permian, sebelum akhirnya dia cidera dan nggak bisa main football lagi. ivory christian pemain yang kerjanya diem doang, nggak pernah ngomong sepatah katapun. dan yang paling parah adalah masalah don billingsley, ayahnya adalah mantan bintang permian dan juara negara bagian yang membebani don supaya jadi seperti dirinya. pelatih mereka, gary gaines, punya tekanan sendiri dari pihak sekolah.

walaupun tokoh utamanya mike winchell dan pelatih gary gaines, tapi menurutku yang permasalahannya juga nggak kalah disorot adalah don billingsley. ketika permian hampir nggak masuk kejuaraan negara bagian dan penentuan lolos atau nggaknya mereka harus dengan cara lempar koin, ayahnya don marah luar biasa. habis deh si don dibego2in dan disiksa. padahal temen2nya yang lain nggak sampe begitu tuh orangtuanya. lain lagi waktu boobie yang luar biasa sombong cidera, dia cuman bisa nangis2 karena sebenernya dia pingin beliin rumah buat pamannya dari hasil main football. kasian juga.

banyak adegan berkesan dari film ini yang aku dapatkan. misalnya aja waktu tangan don disolasi ke bola football sama ayahnya biar dia nggak ngelepasin bola lagi kalo di lapangan. ada juga adegan waktu ayahnya don ngebuang cincin kejuaraannya dari mobil dan don harus nyari cincin itu sampe ketemu di rumput2 pinggir jalan. weh, kok semua adegan berkesannya don semua? hehe soalnya don billingsley kan diperanin garrett hedlund sih.

emang sih terakhirnya permian nggak menang karena mereka ketemu dallas carter yang mengerikan di final. tapi intinya bukan menang atau kalah lagi. pelatih gaines udah membuktikan kalo mereka semua bisa jadi sempurna. dan yang lebih penting lagi, don bisa baikan sama ayahnya walaupun dia gagal menyamai jejak ayahnya jadi juara negara bagian. setelah kelulusan, anak2 permian pun pergi kuliah ke universitas masing2 dan ternyata sebagian besar mereka berkarir di luar football pada akhirnya.

film football yang luar biasa ini dibuat tahun 2004 dan jadi film kedua garrett sepanjang karirnya. selain garrett, di sini juga ada billy bob yang jadi pelatih gaines, lucas black yang jadi mike winchell, dan penyanyi country tim mcgraw yang jadi ayahnya don. selain itu sih nggak banyak nama2 besar lain, makanya box officenya agak jeblok terutama di luar AS. tapi nggak masalah, karena film ini keren banget. selain itu, di film ini ada penyejuk mata, yaitu garrett. sumpah dia nggak kalah menyegarkan dari segelas es nutrisari di siang hari yang panas.



0 comments: