Sabtu, 08 Agustus 2009

G.I. Joe: the rise of cobra




hoyeee akhirnya film ini turun juga. dari waktu aku buat makalah tugas akhir tentang hasbro buat mata kuliah perilaku organisasional semester lalu, aku udah nyebut2 GI Joe waktu bahas transformers di situ. dan akhirnya, bisa juga liat channing tatum yang keren di sini bareng temen2 GI Joe-nya yang segambreng banyaknya. untung di Jogja rilis pas hari pertama, kagak telat kayak film2 lain.

GI Joe dibuka dengan bagaimana seorang pria bernama McCullen di tahun 1641 menjual senjata pada kedua belah pihak yang berperang. dia pun ditangkap dan dihukum harus memakai topeng besi seumur hidupnya. bukaan, ini bukan man in the iron mask-nya leo dicaprio, karena cerita berlanjut ke masa depan di mana keturunan kesekiannya McCullen juga jadi pedagang senjata seperti buyut2nya. McCullen yang ini, yang di masa depan, menciptakan suatu senjata sangat berbahaya yang disebut hulu ledak. hulu ledak ini bisa menghancurkan segala sesuatu yang dilewatinya sampe habis semua, kecuali kalo pemicunya dipencet dan alirannya berhenti.

serombongan pasukan ditugaskan untuk mengantar hulu ledak2 ini ke suatu tempat, sayangnya pasukan itu diserang di tengah jalan. salah satu anggota pasukan, duke, dan temennya yang bernama ripcord berhasil melarikan diri dan menyelamatkan hulu ledak yang berada di dalam koper. mereka udah hampir dibunuh, untungnya mereka dibantuin sama sepasukan orang dengan senjata yang nggak kalah canggih dengan penyerang mereka. duke dan ripcord dibawa ke markas sementara penyerang mereka kabur.

sampe di pit (nama markasnya), duke dan ripcord diajak gabung sama pasukan elit yang bernama GI Joe. di sana dia dilatih macem2, mulai dari nyetir kendaraan semacam pesawat air sampe pake kostum aneh yang harganya jutaan dolar. sementara itu, mereka semua nggak tahu bahwa yang menyerang mereka tadi adalah McCullen sendiri, yang buat hulu ledak itu. dengan kata lain, McCullen terinspirasi menjual senjata ke dua pihak seperti leluhurnya tadi. emang namanya mirip sama tokoh vampir utama di film twilight, tapi yang ini nggak punya taring melainkan licik banget. selain McCullen, tantangan terbesar duke adalah menghadapi salah satu anak buah McCullen yang nggak lain adalah Ana, tunangannya sendiri.

lewat serangan yang tiba2, pihak MARS di bawah komando Ana berhasil mencuri hulu ledak yang disimpan di pit. dalam serangan itu banyak Joe yang tewas, bahkan jenderal hawk, pemimpinnya Joe sendiri juga kena sabet pedang. dari sini kemudian MARS berencana buat meledakkan menara eiffel. wah keren banget ni adegannya waktu kejar2an antara MARS dan Joe di jalanan kota paris yang padat sampe waktu menara eiffelnya rubuh.

pasukan Joe emang gagal menghentikan MARS menghancurkan menara eiffel, tapi setidaknya Duke berhasil mencet tombol pemicu untuk menghentikan hulu ledak supaya nggak merusak seluruh kota. sayangnya gara2 nekat begitu Duke malah disandera sama MARS dan dibawa ke markas mereka di bawah es kutub. temen2 GI Joe tentu aja nggak tinggal diam, mereka semua menggempur markas MARS di bawah komando jenderal hawk yang udah sembuh dan dengan perjuangan susah payah plus keberuntungan akhirnya mereka berhasil mengalahkan MARS dan kroni2nya.

akhir film ini masih nggantung, masih banyak kemungkinan terbuka buat sekuel. McCullen dibuat berwajah besi sama dr.cobra dan ada salah seorang anggota mars juga yang kayaknya masih nyamar jadi presiden AS. belum ada jadwal bakalan dibuat sekuelnya kapan, tapi tentunya kalau hasil box office film pertama ini bagus, kudu wajib dan harus dibuat sekuel.

dari sisi pemain, ada channing tatum sebagai duke yang udah sempet aku sebutin tadi. ni aktor juga sempet nongol sebentar kemarin di public enemies. emang tatum semakin oke aja sejak tampil di step up. selain dia, ada juga marlon wayans yang jadi ripcord. marlon wayans ini adalah salah satu anggota wayans brothers yang biasanya bergelut di genre film komedi. penampilan lain yang nggak kalah menarik adalah rachel nichols sebagai scarlett, sienna miller sebagai anna, dan superstar korea Lee-Byung hun sebagai storm shadow si ninja jahat. yang asik lagi, ada joseph gordon-levitt yang udah lama nggak muncul. bintang yang (dulunya) imut ini sekitar sepuluh tahun lalu suka main film2 remaja dan di sini dia berperan jadi dr.cobra.

ada banyak cameo atau penampilan singkat juga di sini. misalnya aja kalo aku nggak salah liat ada brendan fraser yang jadi salah satu instruktur pelatih duke. trus arnold voslo sebagai anggota MARS yang nyamar jadi presiden AS. wah kok bintang franchise the mummy pada di sini semua ya. inget kan, brendan fraser yang jadi rick o'connell dan arnold voslo jadi muminya.

aku sendiri langsung ngibrit ke bioskop begitu tau ni film premier kemaren, padahal kemaren ada kuliah 2 sampe sore dan keuangan juga udah lumayan cekak. ah nggak papa deh, soalnya GI Joe adalah salah satu film musim panas terakhir yang besar tahun ini. nggak rugi juga nontonnya soalnya ni film keren banget jualan CGI-nya menurutku. banyak tembakan dan ledakan, persis kayak penangkapan teroris tadi pagi. tapi tunggu aja, penilaian majalah film biasanya sih nggak lebih dari 6/10 buat film macem begini.




0 comments: