Senin, 16 November 2009

2012




nggak ada gambar2 yang bisa memperlihatkan dengan jelas gimana kedahsyatan CGI ala roland emmerich di film ini. memanfaatkan ramalan suku maya tentang kiamat yang lagi hip di masyarakat, sutradara yang juga bikin the day after tomorrow ini membuat sebuah film yang lagi2 disaster, sesuai keahliannya.

di tahun 2009 diceritakan seorang ilmuwan india menemukan kalau kerak bumi mulai menunjukkan anomali2. ilmuwan ini kemudian menghubungi adrian helmsley, seorang ilmuwan amerika yang kemudian menyampaikan hal itu ke gedung putih. pertamanya emang nggak ada yang percaya sama teori end of days mereka, sampai kemudian di tahun 2010 mulai dilakukan kerjasama berbagai negara besar untuk membuat bahtera. bahtera ini fungsinya sama dengan bahtera nuh, yaitu jadi penyelamat ketika waktunya kiamat datang.

di tahun 2012, jackson udah bercerai dari istrinya dan sekarang dia bekerja sebagai supir limosin. sebenernya jackson juga seorang penulis buku, sayang bukunya nggak laris. suatu hari, jackson membawa kedua anaknya kemah ke taman nasional yellowstone. di taman nasional itu jackson ketemu sama seorang penyiar radio setengah sinting yang yakin banget bahwa supervolcano yellowstone bakalan meletus dan kiamat bakal dateng sebentar lagi. jackson tentu aja nggak percaya sama cerita si penyiar gila ini, sampai dia mengalami sendiri gempa besar yang menenggelamkan pasadena. untung dia, mantan istri, kedua anaknya, dan gordon pacar mantan istrinya bisa kabur pake pesawat kecil.

jackson dan keluarga sempet mampir lagi di yellowstone yang udah mau meletus buat ngambil peta tempat di mana bahtera itu dibangun, soalnya pemerintah nggak pernah bilang bakalan ada kiamat dan keberadaan bahtera itu juga dirahasiakan banget. setelah lewat yellowstone dengan berbagai keberuntungan, akhirnya mereka terpaksa berhenti di las vegas karena pesawatnya kekecilan untuk ke china, tempat bahtera itu dibuat. di vegas jackson ketemu sama milyuner rusia yang jadi bosnya. ternyata keluarga bosnya ini udah dapet tiket bahtera dengan membeli seharga 1 milyar euro per orang. mereka semua kaget karena kursi bahtera itu bukannya diundi, tapi dijual sama orang2 kaya. untungnya lagi, mereka dapet pesawat antonov buat ke rusia bersama dengan pilotnya.

sementara itu, orang2 yang udah punya tiket di seluruh dunia mulai kelabakan untuk pergi ke china, tepatnya di pegunungan himalaya. presiden amrik yang udah punya tiket bahtera malah menolak buat pergi dan lebih milih untuk tewas bersama orang2 lain yang nggak punya tiket. bener aja, ketika suasana di washington dc udah kacau balau karena gempa besar, dateng tsunami bareng2 sama kapal induk uss john kennedy dan nimpa white house serta segala isinya.

di himalaya, orang2 yang punya tiket udah nggak sabar masuk bahtera dan pada dorong2an, termasuk juga milyuner rusia tadi dan kedua anaknya. jackson dan keluarganya yang nggak punya tiket cari akal untuk masuk ke bahtera nomor 4 dengan sembunyi2. berkat bantuan seorang pekerja akhirnya mereka bisa masuk, sayangnya gara2 mereka terlibat sebuah kecelakaan kecil pintu bahteranya jadi nggak bisa ditutup. padahal tsunami setinggi 1,5 km udah sampe ke himalaya. jadi, gimana kelanjutan nasib bahtera2 mereka? aku nggak mau kasih tau sekarang karena 2012 lagi hot2nya di bioskop2 seluruh dunia.

film ini diperkuat sama aktor-aktris yang nggak main2. selain john cusack yang jadi jackson curtis, masih ada amanda peet yang jadi mantan istrinya. ada juga chiwetel ejiofor yang jadi adrian helmsley dan danny glover sebagai presiden amrik. thandie newton juga kebagian peran sebagai first daughter yang naksir2an sama adrian. oliver platt didaulat sebagai peran antagonis, yaitu pejabat pemerintah carl anheuser yang mementingkan diri sendiri. walaupun nggak pake bintang supermahal macem will smith, tapi tentunya cast yang dipake udah lumayan. lagian, bintang2 yang nggak terlalu mahal emang diperlukan soalnya budget bakalan banyak lari ke CGI.

dari segi ceritanya menurut webmis sih biasa aja, nggak jauh beda dengan film2 bencananya roland emmerich yang sebelumnya. lagian di film ini juga terlalu banyak keberuntungan yang dialami sama jackson sekeluarga. keberuntungan2 itu bahkan bisa bikin webmis bertanya dalam hati 'ah masa sih?' berkali2. misalnya aja waktu gempa pasadena, limusinnya si jackson bisa jalan meliuk2 menghindari tanah yang udah terbelah2 dengan lincah banget sementara cuman ada beberapa mobil lainnya yang jalan. begitu juga waktu jackson hampir jatuh ke dalam celah di yellowstone, dengan berbagai keberuntungan (yang sampe2 nggak masuk akal) dia bisa selamat dan bisa ngejar pesawat mereka. yang paling hebat lagi adalah waktu jackson harus ngambil alat yang nyumbat hidrolik pintu bahtera di bahwa air, supaya pintunya bisa ketutup. jackson bener2 jadi superhero deh pokoknya.

jadi, apa sebenernya yang bisa kita ambil dari film yang sangat lagi hip ini? selain juga dibahas di khotbah gerejanya webmis, film ini juga dapet perolehan opening weekend yang lumayan oke, yaitu sebesar $65 juta. memang masih kalah sih sama twilight yang tahun lalu mencatat opening weekend sekitar $70 juta, apalagi sama film2 superhero macem spiderman. film ini juga punya special effect yang bener2 luar biasa menggambarkan gimana tanah2 pada retak dan benua mulai tenggelam ketika gempa besar datang. belum lagi waktu supervolcano yellowstone meletus. belum lagi waktu tsunami dateng. nggak kayak film superman returns yang menghabiskan budget $250 juta tapi special effectnya nyaris nggak keliatan, film ini kayaknya beneran menghabiskan budgetnya untuk special effect.

dengan ini webmis mengakhiri review 2012 dengan ucapan selamat nonton dan selamat antri semuanya. akhirnya musim rusuh di bioskop udah mulai lagi.

1 comments:

Anonim mengatakan...

bagus ya sepertinya? jadi tertarik ;P

anyway, salam kenal ya!

titut,
YM: topekku