Rabu, 04 November 2009

the reader




michael tiba2 sakit waktu di jalan, mana hujan deras, lagi. untungnya dia ditolongin sama seorang wanita bernama hanna schmitz dan berprofesi sebagai kondektur trem. ternyata michael kena penyakit yang mengharuskan dia terbaring berbulan2 di tempat tidur dan nggak bisa ngapa2in. setelah sembuh, michael baru menceritakan kalo sebenernya dia dulu ditolong sama seorang wanita. ibunya michael menyuruhnya buat ke rumah wanita itu sebagai ucapan terima kasih, tapi ketika michael datang ke sana dia malah naksir sama hanna.

hubungan mereka dengan cepat berubah jadi affair. michael yang belum mencapai 16 tahun sering tidur sama hanna yang usianya dua kali lipat dari dia. uniknya, hanna sering minta michael bacain buku. mulai dari sastra sekelas homer sampai komik tintin dibacain sama michael karena hanna nggak pernah mau baca sendiri. sangking cintanya sama hanna, michael sampai rela menjual koleksi perangkonya untuk beli sepeda buat mereka berdua. mereka berdua pun pergi jalan2 ke pedesaan ketika hanna libur dari pekerjaannya.

beberapa tahun kemudian, ketika nggak menjalin affair dengan hanna lagi, michael kuliah di jurusan hukum sebuah universitas. sebagai calon pengacara, michael dan temen2 sekelasnya diharuskan hadir di persidangan enam orang tersangka mantan anggota nazi. ternyata eh ternyata, salah satu dari enam orang itu nggak lain adalah hanna. michael kaget bukan kepalang karena dia nggak pernah tahu kalau hanna pernah bergabung dengan organisasi itu, bahkan dia jadi salah satu penjaga yang paling ditakuti. hanna dituduh ikut terlibat dalam pembunuhan 300 tawanan dan menulis laporan tentang pemusnahan itu. hanna sebenernya buta huruf, tapi dia nggak mau ngaku karena malu. terpaksa hanna mengaku bahwa memang dia yang menulis laporan itu dan dia dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.

michael shock karena dia tahu yang sebenarnya tapi dia takut bicara apa2. sampai beberapa tahun kemudian ketika michael sudah menikah dan punya anak, ia malah memutuskan untuk bercerai. dia mengirimkan kaset2 rekaman ke hanna yang lagi dipenjara. isinya adalah rekaman suaranya sendiri membacakan macem2 buku. setelah entah berapa ratus kaset yang dikirim ke hanna, hanna memutuskan untuk belajar membaca supaya bisa membalas kiriman michael. walaupun tulisannya masih kayak tulisan anak sd, akhirnya hanna bisa juga baca tulis setelah belasan tahun mendekam di penjara.

setelah lebih dari 20 tahun di penjara, hanna diperbolehkan untuk bebas. karena dia nggak punya keluarga maka michael mencarikan pekerjaan dan tempat tinggal, tapi sayangnya sebelum sempat bebas hanna udah tewas gantung diri. dia mewariskan sejumlah uang untuk seorang anak yang selamat dari kekejamannya waktu di nazi dulu. uang itu nggak dipakai sendiri sama si anak yang sekarang udah dewasa, tapi disumbangkan ke organisasi pemberantasan buta huruf.

di film ini kita bisa lihat betapa rapuhnya seorang cowok belasan tahun kalau digoda sama wanita, bahkan jika umur wanita itu dua kali lipatnya sekalipun. bukan murni kesalahan michael sih, soalnya hanna juga suka tepe2. tapi, apapun yang hanna lakukan untuk menebus kesalahannya ternyata nggak berguna, karena semua tawanan yang terbunuh dulu udah nggak bisa kembali lagi. seperti yang dikatakan oleh anak yang selamat itu di bagian akhir film, bahwa dia nggak mau menerima uang warisan hanna dan memberikannya ke organisasi yang berhubungan dengan nazi, karena hal itu sama aja berarti dia memaafkan hanna, padahal itu nggak mau dia lakukan.

akting ciamik kate winslet sebagai hanna schmitz diganjar oscar sebagai best leading actress lewat film ini. emang pantes sih, karena performanya emang nggak tanggung2. michael berg muda diperankan oleh david kross yang orang jerman beneran dan baru berusia 18 tahunan ketika film ini dibuat. david kross dewasa diperankan oleh aktor kawakan ralph fiennes si voldemort yang udah nggak diragukan lagi kemampuannya. david kross juga nggak segan2 beradegan telenji di beberapa scene. kalo kate winslet sih sejak di titanic udah langganan.

selain kemenangan buat kate winslet, di ajang oscar film ini juga dapet 4 nominasi lagi yang sayangnya nggak menang, yaitu best cinematography, best director, best screenplay, dan bahkan jadi nominasi best picture tandingannya slumdog millionaire itu. dari segi box office juga nggak mengecewakan. the reader udah mengumpulkan lebih dari $100 juta worldwide. perolehan yang cukup bagus untuk sebuah film mikir, khas film2 kelas oscar.

0 comments: