Kamis, 26 November 2009

the taking of pelham 123




premis film action daur ulang ini sebenernya sederhana. ada seorang petugas lalu lintas kereta dan di seberang sana ada seseorang yang membajak kereta nomor 123 untuk minta uang. si petugas kereta bernama garber, sedangkan si kepala pembajak minta dipanggil ryder.

ryder hanya minta satu hal dari kota new york, yaitu uang sebanyak 10 juta dolar. waktu untuk menyediakan uang tunai sebanyak itu cuma satu jam, setiap menit keterlambatan akan dibayar dengan nyawa satu orang sandera. sepanjang pembajakan ryder hanya mau berkomunikasi dengan garber, dia males bernegosiasi sama polisi2 maupun FBI. ryder yang berani mati ini pun nggak segan2 menembak masinis.

garber sendiri hanya seorang pegawai negri biasa. selain mantan masinis, dia cuman tau ngatur lalu lintas kereta. di balik 'kebiasaannya', garber ternyata sedang berurusan dengan hukum karena tuduhan suap. dengan paksaan ryder, garber disuruh ngaku kalo dia nerima uang suap sebanyak 35 ribu dolar. sebenernya garber sama sekali nggak nerima uang apapun, tapi karena kalo dia nggak bilang gitu ada yang bakalan mati maka dia terpaksa bilang. garber pun ngarang cerita kalo dia pake uang sebanyak itu untuk biaya kuliah putri2nya.

makin lama ryder makin seneng ngerjain garber dan polisi2. dia minta supaya garber sendiri yang nganter uangnya ke gerbong kereta 123. istri garber yang denger berita di tv malah nelpon garber dan marah2 karena ia kira garber sok pahlawan. istrinya ini cuma minta garber segera pulang dengan membawa setengah galon susu karena di rumah udah habis. seperti yang udah dikira tentu aja pertemuan garber dengan ryder nggak mulus. garber yang tadinya cuman berperan sebagai pengantar uang malah sekarang disandera untuk gantiin masinis yang udah kena tembak. garber bisa melarikan diri dari kelompok ryder, tapi pada akhirnya dia harus nembak ryder ketika mereka tinggal berhadapan satu lawan satu.

polisi menganggap garber udah berjasa karena membantu menyelamatkan nyawa banyak orang. dia pun dijanjikan bakalan dibantu sama seluruh warga new york di pengadilan nanti. garber pun pulang dengan bahagia ke istrinya, nggak lupa dengan membawa setengah galon susu.

garber diperankan oleh aktor pemenang oscar denzel washington, sedangkan ryder diperankan aktor yang dulu suka nari2 di film grease, john travolta. mereka berdua emang aktor2 senior dan kekuatan akting mereka udah nggak perlu diragukan lagi. khusus untuk travolta, cocok banget dia jadi penjahat yang dulunya pemain saham di sini, walaupun sadisnya kurang berasa. kalo denzel sih selalu tampil keren sebagai apapun, terutama sebagai jagoannya.

webmis sama sekali nggak ngerasa bosen nonton film ini, walaupun sekitar setengah film pertama kebanyakan cuman adegan ryder dan garber ngemeng2 melalui alat komunikasi. setengah film terakhir tensinya langsung naik, jadinya nggak ngantuk sama sekali. ada yang agak mengherankan juga sih, yaitu gimana garber yang cuman bapak2 pegawai negri biasa tiba2 bisa jadi hero yang menyelamatkan semuanya. pake kebut2an lagi. anyway, namanya film ya kita harus melepaskan sedikit akal untuk menontonnya, kecuali kalo mau kebingungan sendiri. intinya, the taking of pelham 123 adalah film action yang cukup oke.

0 comments: