Kamis, 19 November 2009

a christmas carol




di bulan november kayak gini heran juga nih ada film natal yang rilis, saingannya 2012 pula. a christmas carol diangkat dari buku karangan charles dickens. pasti semua tau dong charles dickens yang juga ngarang oliver twist. a christmas carol sendiri juga udah diangkat jadi film beberapa kali, sekarang kita bahas yang versinya robert zemeckis dengan bintang jim carrey ini.

ebenezer scrooge adalah seorang pria lanjut usia yang bener2 dijauhi dan ditakuti semua orang. nggak cuma pelit dan galak, dia juga bener2 benci sama natal. baginya natal sama seperti hari2 lainnya sepanjang tahun. scrooge punya toko yang dia buka bersama rekannya, marley. di toko itu dia mempekerjakan seorang klerk bernama bob.

di suatu hari natal, scrooge kedatangan keponakannya yang ngajak dia untuk natalan bareng dan orang2 yang minta sumbangan. tentu aja semuanya kena semprot sama scrooge karena dia benci natal. ketika pulang ke rumahnya, dia didatangi sama hantu marley, rekannya yang udah meninggal 7 tahun lalu. hantu marley keadaannya sangat mengenaskan, dia dirantai2 dan rantainya dikasih pemberat karena kesalahannya semasa hidup. marley bilang dia datang untuk memperingatkan scrooge supaya nggak jadi kayak dia kalo udah meninggal nanti.

scrooge kemudian dihantui oleh 3 macem hantu. yang pertama adalah ghost of christmas past atau hantu natal masa lalu. hantu ini berbentuk lilin yang menyala dan ngajak scrooge ke masa lalunya. ternyata di masa lalunya scrooge adalah seorang anak kecil yang sering sendirian. hantu ini juga ngajak scrooge ke masa remajanya di mana scrooge jatuh cinta sama seorang gadis. scrooge sempat tunangan tapi kemudian gagal karena dia lebih mementingkan uang.

hantu kedua adalah ghost of christmas present atau hantu natal masa sekarang. bentuknya mirip gembala raksasa yang suka mabuk. scrooge dibawa ke rumah keluarga bob, karyawannya scrooge. ternyata dengan gaji sangat kecil yang diberikan scrooge bob harus menghidupi banyak anak2nya dan mereka bahkan nggak punya cukup uang untuk jamuan natal. di tengah2 kekurangannya ternyata bob sama sekali nggak membenci bosnya, malah mereka mendoakan scrooge. hal ini membuat scrooge sadar betapa jahatnya selama ini dia sama bob, bahkan memberi liburan sekali setahun aja nggak mau apalagi naikin gaji.

hantu ketiga adalah ghost of christmas yet to come atau hantu natal masa depan. bentuknya paling menyeramkan, cuman berupa bayangan dengan jari2 tengkorak yang suka nunjuk2. scrooge dibawa ke hari kematiannya, di mana nggak ada satupun orang yang sedih. orang2 malah senang karena scrooge udah meninggal, bahkan pelayan scrooge malah nyuri kelambu dan kemejanya. scrooge juga dibawa ke depan sebuah makam bertuliskan namanya sendiri, hampir aja dia dijatuhkan ke dalam peti mati dan dikubur. scrooge baru sadar kalo dia begitu nggak disukai sama orang2 disekitarnya.

kejadian ini membuat scrooge berubah total. dia beliin kalkun yang paling besar untuk bob sekeluarga, memberi banyak sumbangan, dateng ke jamuan natal keponakannya, bahkan dia menaikkan gajinya bob. seketika scrooge berubah menjadi orang yang sangat ceria, malah suka nari2 dan nyanyi2 sendiri sampe orang2 heran. pendek kata, scrooge berusaha jadi orang yang lebih baik di sisa hidupnya.

apresiasi tinggi perlu diberikan sama robert zemeckis, sang sutradara yang seneng banget buat film2 natal penuh imaginasi. animasinya juga halus banget, mirip2 kayak yang di the polar express. lebih keren lagi karena film ini didukung beberapa nama besar seperti jim carrey, colin firth, dan gary oldman. secara keseluruhan jim carrey mengisi suara 8 karakter di sini. colin firth berperan jadi keponakannya scrooge dan gary oldman antara lain berperan jadi bob. masih ada lagi dukungan dari artis dan aktor lain macem robin wright penn, fionulla flanagan, dan bob hoskins.

secara keseluruhan film ini adalah film keluarga, tapi muatannya lumayan berat. ada adegan2 yang cukup menyeramkan juga, seperti waktu munculnya hantu marley dan ghost of christmas yet to come. masih ada juga sih adegan2 aneh kayak scrooge yang udah dilempar2 ke sana kemari sama hantu2 natal tapi kok ya masih kuat aja, padahal dia kan udah manula. harusnya sih adegan2 gitu nggak terlalu dipikirin, karena pesan yang sebenernya hendak disampaikan sama charles dickens dan robert zemeckis udah cukup jelas: satu, jadilah orang yang menyenangkan, dan dua, sambut natal dengan baik buat yang merayakannya.

0 comments: