Senin, 02 November 2009

smart people



hidupnya orang2 pinter ternyata nggak jauh beda sama orang biasa (baca: yang cara pikirnya nggak secepet mereka). dalam film ini, orang2 pinter bukan berarti paranormal, tapi orang dengan IQ tinggi dan kerjanya belajar mulu. ternyata mereka pun menghadapi masalah yang dihadapi oleh orang yang (halusnya) nggak terlalu pinter.

lawrence wetherhold adalah seorang dosen senior yang nggak disukai mahasiswanya. emang sih cara ngajarnya nggak terlalu killer, tapi dia pelit nilai. suatu malam mobilnya ditahan dan dia harus didenda. prof. wetherhold nekat manjat pagar untuk ngeluarin mobilnya tanpa izin dan malangnya dia jatuh sampe cedera kepala. setelah dibawa ke rumah sakit, untung cideranya nggak serius. di rumah sakit inilah dia ketemu lagi sama dokter wanita yang dulu adalah mahasiswanya. sementara itu, adik angkatnya prof. wetherhold dipanggil untuk bantu2 selama masa penyembuhan.

singkat cerita, prof. wetherhold terlibat cinta sama dokter cantik ini. vanessa, anak perempuannya prof. wetherhold, mulanya nggak setuju sama hubungan mereka. menurut vanessa, sejak ayahnya punya pacar dia jadi nggak pernah deket lagi sama ayahnya. bahkan ayahnya nggak tau kalo sebenernya vanessa udah diterima di uni stanford, hanya saja biaya yang terlalu besar nggak memungkinkan dia untuk kuliah di situ. vanessa jadi lebih deket sama pamannya, yaitu adik angkat prof. wetherhold yang sama sekali nggak pinter. vanessa sempet punya perasaan aneh sama pamannya ini, sampe dia memutuskan untuk nggak tinggal bersama mereka lagi.

lama kelamaan ayahnya sadar kalo hubungannya dengan si dokter cantik itu sudah mengganggu anaknya. kebetulan dokter cantiknya pun pergi meninggalkan dia dalam keadaan hamil. tapi tenang aja, mereka semua bersatu lagi kok. bahkan mereka akhirnya punya anak kembar dan semua anggota keluarga prof. wetherhold mau menerima mereka. well, itu namanya cerita film.

beberapa waktu lalu film ini pernah ditayangkan di salah satu stasiun tv swasta. nggak ngerti juga sih maksudnya film ini, mungkin mau nyindir orang2 pinter atau mungkin juga ada maksud lain di dalam alur ceritanya. yang jelas, kalo menurut webmis sendiri sih ceritanya agak datar dan cukup membosankan. ya pure drama lah. mungkin emang maksudnya menekankan sama perang batin prof. wetherhold dan anaknya yang supercerdas namun nggak terlalu disukai banyak orang itu.

film ini sendiri sebenernya didukung oleh pemain2 terkenal. dennis quaid diplot berperan sebagai prof. wetherhold yang pinter dan janggutan, sarah jessica parker sebagai janet hartigan si dokter cantik, ellen page sebagai vanessa, dan thomas haden church sebagai chuck, adik angkatnya prof. wetherhold. khusus untuk ellen page, peran2 remaja pemberontak atau nggak bahagia kayaknya masih jadi spesialisasinya. sejak main di juno dengan supersukses, ellen page kayaknya masih aja berkutat dengan peran2 seperti ini, termasuk di film terbarunya whip it. aroma junonya itu lho, masih kebawa terus. kalo soal thomas haden church sih yang paling terkesan bagi webmis adalah ketika dia berperan sebagai sandman di spiderman 3. buat aktor pendukung lainnya, buat webmis biasa2 aja.

0 comments: