Selasa, 20 Mei 2008

lagy inget kkn nih :P

hai met pagy, aku lagy ngenet sendirian di kampus. hari ni tanggal merah, tapi bela2in ke kampus cuman buat memanfaatkan internet gratisan. hari ini dibuka dengan ngajarin mei naik motor. jam 7 pagy kita mulai latihan en kita dah muter-muter keliling kampus, makan, keliling kampus lagy, ke sendowo, ke belakang sanata dharma, tyus pulang dweh. sayang bet parkiran fe tutup (ya kan tanggal merah), kalo nggak asik juga kan belajar parkir di sono.

kemaren aku baru aja berhasil nyelesain baca buku pelit-nya aca, muka marketplace boy. lucu banget dweh, kata2 di dalemnya itu nggak nanggung2 hehhehehe. qw juga sering sih maen2 ke blognya aca. nih yang mau liat gambar bukunya, maap kalo fotonya jelek ya.
haha, malu deh jadi ketauan nih aku sebenernya gak jago moto.



di salah satu bab di bukunya aca ini, dia nyeritain kkn dy. eh ternyata aca ikut kkn PBA (pemberantasan buta aksara) juga. kayaknya kita juga sama-sama angkatan 2004 dweh, tapi aku nggak tau sekarang aca dah lulus apa belum, soalnya kagak satu univ bo. dy kul di fakultas ekonomi undip, semarang. yang jelas, gara-gara aca nyeritain kkn pba-nya dia di pati, aku jadi pengen nyeritain juga gimana kkn pba-ku juli taun kemaren.

kalo aca kkn pba di pati, aku kkn pba di tangerang. pasti pada heran, masa sih di tangerang masih ada yang buta aksara? mmm... begini, yang dimaksud tangerang di sini adalah kabupaten tangerang, bukan kotamadya tangerang. jadi, kami diturunin di suatu kecamatan bernama kronjo. 1 unit isinya 18 orang en dipecah lagy jadi 3 sub-unit (masing2 6 orang) buat ditempatkan ke 3 desa.

unit aku dapet di desa cirumpak, desa yang paling jauh dari peradaban dan terpencil hehehe... pertamanya sih dah pucink dweh aku yang anak kota suruh masup desa gitu, kirain qta bakal tidur beratapkan langit dan mandi di sungai, padahal nggak lho. orang2 desanya kaya2, sumpah deh. banyak dari mereka yang udah naek haji. rumahnya nggak beda sama rumah2 di kota, pake tembok, ada tipinya, wc di dalem, en bahkan aku n temen2 cewek dikasih tidur pake spring bed :D

nih sub unit kami, ada fahmi si kormasit (rekan aku ngajar, yang di belakang sebelah aku), jaka yang anak teknik fisika (yang di depan paling kiri), mbak puji (yang paling pendek di depan noh), mas dewa (sebelahnya puji), sama adhis (yang pake jilbab di belakang mas dewa). 6 orang dari berbagai fakultas inilah yang disatuin di satu rumah, yaitu rumahnya pak sekdes. foto ini diambil waktu minggu pertama kkn, lagy masa2 observasi, nyari data, ngumpulin warga belajar, nyari tempat belajarnya, pokoknya keliling2 desa lah.


pertamanya sih susah banget ngajakin tuh ibu2 yang kagak bisa baca sama nulis buat ikutan belajar, dah pake diiming2i ijazah segala lho. untungnya pas kita buka kelas di 3 tempat ternyata pesertanya membludak. malah ada permintaan buat buka kelas lagy di tempatnya bu lurah. jadi dweh kita dibagi 3 kelompok, aku sama fahmi (ngajar di 2 tempat), jaka-puji, n adhis-dewa (masing2 ngajar di satu tempat). qta ngajar 5 atau 6 hari seminggu tergantung tempatnya. waktu ngajarnya juga malem, soalnya kalo siang ibu2nya pada masak n ke sawah.

weh berat juga dweh ngajar ibu2 sama mbak2 itu. kebanyakan lum pernah sekolah sama sekali, paling sekolah juga cuman sampe kelas 1, 2, 3 sd trus berenti. paling pol sampe lulus sd trus pada bernikahan. kagak ada warga belajar kita yang sekolah mpe smp. weh aneh2 deh tingkahnya, ada yang pinter banget, ada juga yang paraaaaah banget kagak bisa2. banyak yang bawa anak waktu belajar, trus parah banget mas dewa pernah nemuin ibu yang nulis angka satu aja nggak bisa. sampe dibilang "lurus aja bu bentuknya angka satu. cuma garis aja." gak ngerti juga. "garis bu, garis. kayak tusuk gigi! pager pager!" tetep aja kagak ngatri. mpe tangannya dah dipegangin juga setengah jam lum berhasil bikin angka 1. sabaaaar sabar.

weh, masih banyak bet ceritaku selama 2 bulan di cirumpak. gak cukup kekna kalo diceritain dalam satu postingan, jadi kalo penasaran apa aja yang terjadi dengan kbm kami di sana, stay tune di gourky-milanistiangel. hueheueheueheueheuh.


tbc...

0 comments: