Rabu, 15 Juli 2009

coraline



film yang cukup suram buat anak kecil. itu sih kesan yang aku dapetin dari film animasi yang satu ini.

coraline adalah seorang anak perempuan yang pindah ke lingkungan baru bersama kedua orangtuanya. karena dia anak tunggal, coraline sering kesepian soalnya ditinggal kerja melulu sama ortunya. papanya sibuk nulis buku, mamanya juga kerja di depan laptop melulu. tetangga2nya aneh2 dan selalu salah nyebut namanya jadi caroline.

coraline yang bete dengan lingkungan sekitarnya kemudian bertemu dengan seorang anak laki2 bernama wybie. nama aslinya adalah wybourne (why were you born). karena kesal sama wybie yang nggak bisa berenti ngomong dan sama orangtuanya, coraline iseng meriksa ruangan2 di rumah baru mereka. di sini secara nggak sengaja coraline menemukan pintu kecil di dinding yang menuju ke dunia lain.

di dunia lain ini, coraline punya orangtua yang perhatian, nggak seperti di dunianya yang biasa. mamanya selalu masak buat makan malam. papanya bekerja sebagai pianis. di sana ada juga wybie tapi nggak bisa ngomong. anehnya mereka semua bermata kancing. iya bener, matanya kancing warna item. coraline yang kurang kasih sayang di dunia nyata pun jadi betah di dunia yang berbeda ini. semuanya keliatan perfect, termasuk tetangga2nya yang aneh pun jadi keliatan baik2 semua.

setelah beberapa kali bolak2 antara dunia nyata dan dunia impian, coraline mulai ditawarin sama orangtuanya yang bermata kancing untuk tinggal seterusnya di dunia impian itu. syaratnya adalah matanya harus diganti jadi kancing juga. tentu aja coraline nggak mau dan mulai curiga jangan2 ada yang jahat dibalik dunia yang sempurna itu. coraline berusaha balik ke dunianya semula tapi orangtuanya yang asli ternyata udah terkurung di dunia impian tadi. dan mamanya yang bermata kancing ternyata adalah seorang penyihir jahat.

coraline dibantu sama kucingnya wybie harus nyelamatin ortunya yang asli dan menutup dunia lain itu. apakah coraline berhasil? nah, jawabannya nonton aja sendiri. atau baca bukunya juga lagi hot2nya tuh di toko2 buku.

seperti yang tadi aku udah bilang, coraline ini emang berkesan gelap. emang nggak segelap corpse bride atau nightmare before christmas sih, soalnya masih banyak warna2 cerah di sepanjang film. tapi, ceritanya emang terkesan dark soalnya berhubungan dengan penyihir. moral yang bisa diambil dari film ini kurasa sih mensyukuri dunia di mana tempat kita berada sekarang, meskipun pastinya nggak sesempurna dunia impian. selain itu, jadilah anak yang berani. keberanian ini bisa aku liat dalam diri coraline yang unik dan berambut biru itu.

0 comments: