Sabtu, 18 Juli 2009

harry potter and the half blood prince



semua moviegoers pastinya suka sama summer, nggak terkecuali moviegoers aneh yang jadi webmistress blog ini. dia juga suka banget summer, bulan mei, juni, juli, soalnya banyak film2 besar yang turun. salah satunya adalah harpot 6.

baru sebentar kayaknya kita digempur sama dahsyatnya antrian yang tercipta akibat turunnya film transformers 2 dan ice age 3 dalam waktu hampir bersamaan. tanggal 16 juli kemarin, turun lagi nih salaah satu film terbesar tahun ini. tentu aja dua bioskop di jogja penuh banget bagaikan ngantri sembako.

harry yang udah 16 tahun kembali dihadapkan sama kenyataan bahwa memang voldie udah bangkit kembali dan sekarang sekumpulan pelahap maut sedang ngejar2 dan bunuhin banyak penyihir baik. nggak cuman itu aja, dia juga dihadapkan sama kenyataan bahwa ginny udah pacaran sama dean thomas. hehe. jadi, itu premis awalnya. selanjutnya, mayoritas orang pasti udah pernah baca bukunya, jadi nggak perlu aku ceritain panjang lebar lagi.

ada beberapa hal yang perlu dicermatin dari film ini:
  • horcrux. apa itu horcrux? jangan tanya sama aku karena horace slughorn pun ogah ngejelasinnya. oke, horcrux adalah bentuk sihir yang paling hitam. voldie menggunakan ini buat memecah2 jiwanya jadi 7 bagian. salah satu horcrux adalah harry potter sendiri.
  • draco malfoy. sepanjang film, tokoh yang diperankan dengan sangat cocok oleh tom felton ini hanya berdiam diri dan kelihatan berpikir keras. wajar, soalnya dia punya misi sangat berat buat bunuh dumbledore. dan dia pusing gimana caranya.
  • horace slughorn. guru ramuan baru ini awalnya malas2an buat disuruh ngajar lagi di hogwarts, selain itu dia juga keliatan slytherin banget. maklum dia mantan kepala asrama slytherin. ternyata, slug punya masa lalu yang kelam berkaitan dengan tom riddle, salah satu murid kesayangannya.
  • quidditch. cuman disinggung sedikit sih, tapi hal yang paling keren adalah ngeliat ron uji coba jadi kiper. sayang juga lagu 'weasley raja kami' nggak dinyanyiin, padahal seninya di situ. untungnya ada cormac mclaggen yang ganteng.
  • inferi. pasukan mayat hidup ini bakalan muncul di akhir film, waktu harry sama dumbledore di bekas tempat persembunyiannya voldie. lumayan mengerikan juga.
  • fenrir greyback. di buku dikatakan manusia serigala yang satu inilah yang gigit remus lupin. nggak terlalu banyak disinggung, padahal kalo di buku fenrir jadi salah satu tokoh penting.
  • pensieve. digunakan buat melihat ingatan seseorang. alat yang unik banget ini divisualisasikan dengan baik di film, sama seperti yang digambarkan di bukunya dan seperti yang aku bayangin.
  • felix felicis. ramuan yang bisa bikin beruntung siapapun yang minum. hehe, coba ya kalo bener2 ada di dunia, aku bakalan punya stok satu galon.
  • buku ramuan. milik half blood prince, bisa bikin siapapun yang baca jadi potion master kayak snape.
  • dumbledore. akhirnya kepala sekolah yang kita sayangin ini mati juga. too bad.
  • love story. seiring dengan semakin dewasanya karakter2 harpot, semakin banyak juga porsi kisah cintanya. di sini ada pasangan harry-ginny, dean-ginny, hermione-cormac, ron-lavender, dan pada akhirnya hermione-ron.
tentu aja masih banyak hal2 menarik lain di film yang durasinya sekitar 2,5 jam ini. yang menarik juga adalah dari sisi pemainnya yang nggak pernah ganti sejak film pertama. misalnya aja kayak profesor mcgonagall, profesor flitwick, remus lupin, neville longbottom, seamus finnigan, si kembar weasley, dan lain2 yang nggak ganti walaupun cuman dapet peran kecil, malah hampir2 nggak ada dialognya sama sekali.

ada beberapa sumber yang bilang kalo film ini adalah film harpot terbaik. bisa dibilang gitu juga sih, cuman menurut aku seperti film2 harpot sebelumnya banyak adegan yang dipotong juga. ya emang nggak mungkin kan buku setebel itu dijadiin film cuman 2,5 jam. adegan kepotong yang paling disayangkan adalah nggak ada 'weasley raja kami' dan adegan pemakaman dumbledore.

kalo mau nonton, aku saranin sih nanti aja tunggu sepi, kecuali kalo kalian seneng ngantri. aku nonton pas premier di jogja dan bioskop udah mau rubuh sangking penuhnya. habis gimana dong, emang film ini asik banget. dan aneh kalo orang yang ngaku suka harpot nggak berbondong2 ngantri tiketnya.

0 comments: