Rabu, 22 Juli 2009

public enemies



tahun 1933, ketika amerika serikat lagi mengalami depresi besar, tersebutlah seorang rampok bank paling hebat saat itu yang bernama john dillinger. dia sangat licin dan berbahaya, susah ditangkep, sehingga polisi udah hampir kehabisan akal dan cuman bisa ngeliatin satu demi satu bank dirampokin sama john dan temen2nya.

suatu hari, john yang masuk penjara mengorganisir napi2 supaya mereka bisa pada kabur. setelah terjadi baku tembak dan memakan korban beberapa napi, john beneran bisa kabur juga dan kembali merencanakan buat ngerampok bank. sementara itu, kepolisian yang kebakaran jenggot menugaskan agen mereka, melvis purvin, buat nangkep john gimanapun caranya. melvin yang emang polisi baik2 dan hebat napsu banget nangkep penjahat yang satu ini, sampe beberapa anak buahnya tewas ketembak dalam usaha nangkep john.

sementara itu, john ketemu dan jatuh cinta sama seorang wanita bernama billie. john sempet masuk penjara lagi nggak lama setelah bersama billie, tapi dengan kecerdikannya dan temen2nya dia bisa lolos dan kembali sama billie. nggak lama lolos, malah billie yang ditangkep dan dipukulin waktu interogasi, dipaksa buat ngasih tau di mana john berada. karena mereka udah saling cinta banget, tentu aja billie nggak ngaku dan akhirnya malah dipenjara dua tahun.

setelah melalui berbagai cara, melvin purvis berhasil bekerjasama dengan salah seorang teman wanita john. dengan kesepakatan mereka, john bisa dilacak keberadaannya. waktu john dan teman2 wanitanya ini lagi nonton bioskop, bioskopnya dikepung. di akhir film, john malahan habis ditembakin sama agen2 kepolisian. kayaknya emang john juga udah ngerasa kalo perjalanannya udah berakhir, apalagi setelah temen2 segengnya pada tewas semua. dengan demikian, tinggal billie aja yang sendiri menjalani masa hukumannya karena dianggap menyembunyikan john.

plot film ini cukup sederhana, intinya cuman polisi ngejar2 perampok. dari sisi pemain, tentu aja ada salah satu aktor kesukaanku, johnny depp, yang berperan sebagai rampok bank john dillinger. seperti biasa pak depp selalu tampil dengan akting sangat bagus. dan tampangnya pun cocok sebagai john dillinger. dia bisa membuktikan kalo dia nggak cuman bisa berperan sebagai pengarangnya peter pan, bajak laut mabok, atau tukang cukur pembunuh duang, tapi juga sebagai rampok kelas kakap. bravo deh buat JD. selain itu, ada juga christian bale yang jadi melvin purvis. aktingnya sih oke, tapi kok aku masih kebawa sama bale sebagai bruce wayne dan john connor ya? kayaknya setiap ngeliat bapak yang satu ini kebayangnya cuman dia pake jubah kelelawar. hehehe. mungkin karena dia udah batman banget. tapi no offense, bale sangat oke.

oh iya, film ini juga didasarkan sama kisah nyata lho. tokoh2nya kayak john dillinger dan baby face nelson emang dulu bener2 ada. walaupun kisahnya jadul dan mungkin menakutkan bagi yang nggak suka tembak2an, menurutku film ini luar biasa bagus. buktinya, aku nggak ngantuk sama sekali meski durasinya sekitar dua jam. salah satu hal yang unik lagi adalah kadang2 kameranya ngikutin gerakan pemain, jadi agak goyang2 gitu. mungkin itu gaya penyutradaraannya michael mann.

public enemies menghasilkan box office sekitar $25 juta dan ternyata udah rilis selama 20 hari di amrik sana ketika postingan ini diturunkan. kalo di indonesia sendiri sih baru rilis hari ini. tadi aku cek di boxofficemojo gross domesticnya udah sampe sekitar $80 juta. lumayan banget buat film yang promosinya nggak terlalu jor2an dan bahkan rilis hampir bersamaan dengan pemakan gross harry potter and the half blood prince.

sebagai rangkuman, aku cuman mau bilang kalo film ini adalah salah satu film terbaik (lagi) persembahan johnny depp. dan aku bakalan seneng banget kalo di oscar tahun depan public enemies bisa menang. ya minimal masuk nominasi lah, lebih bagus lagi kalo masuk nominasi atau menangnya best actor in a leading role.


0 comments: