Senin, 20 Juli 2009

kronik betawi

akhirnya berhasil juga aku namatin 1 buku setelah kayaknya lamaaaa banget nggak namatin buku apa2. termasuk buku kuliah. tapi buku yang ini ringan kok, dan menarik juga, jadinya nggak ngebosenin dan aku bisa nyelesain dengan hampir sekali sabetan.

sebagai orang jakarta (yang sayangnya sekarang lagi migrasi ke jogja), begitu liat judulnya kronik betawi aku udah langsung tertarik. kayaknya lain dari yang lain gitu. setelah baca beberapa lembar ternyata emang bener ni buku menarik. pengarangnya, mbak yu ratih kumala, bisa merangkai kata2 dan percakapan yang menggunakan bahasa betawi dengan sangat bagus. jadi berasa kayak nonton si doel beberapa belas taun lalu.

novel ini aslinya adalah cerbung yang dimuat di sebuah harian. menceritakan tentang tiga generasi keluarga asli betawi membuat kita semua jadi lebih tau gimana sih kebudayaan orang betawi itu sebenarnya. banyak yang lucu di sini, tapi ada juga adegan yang bikin geregetan. misalnya waktu salah dua tokohnya dipoligami. hehe, kayak ayat2 cinta ya. yang jelas emang gitu kenyataan yang terjadi.

dengan apresiasi yang tinggi terhadap pengarangnya, aku bisa berkata bahwa buku ini emang pantas direkomendasikan untuk dibaca.

0 comments: