Sabtu, 11 Juli 2009

doubt



film serius ini mengambil setting di tahun 1964 di sebuah sekolah yang diajar biarawati dan pastor. sekolah itu dikepalai oleh seorang biarawati bernama sister aloysius yang sangat tegas dan ditakutin sama semua murid. selain sister aloysius, ada guru2 lain seperti sister james dan father flynn yang mengajar kelasnya masing2.

berbeda dengan sister aloysius, sister james adalah biarawati muda yang polos. dia diserahi tanggung jawab untuk mengajar kelas 8 tapi kepala sekolah menganggap dia masih terlalu longgar pada murid2. sister james memang menyadari dia masih harus banyak belajar, tapi dia merasa bisa menangani kelasnya sendiri tanpa harus sedikit2 minta bantuan seniornya.

father flynn adalah seorang pastor yang juga mengajar olahraga di sekolah itu. setiap minggu pastor ini memberikan homili dan jadi favorit di antara anak2 cowok yang diajarnya. itu karena father flynn banyak mengajarkan hal2 di luar pelajaran sama anak2 itu, misalnya soal bagaimana caranya ngajak cewek dansa, jatuh cinta, dan semacamnya.

suatu hari, sister aloysius tidak sengaja melihat father flynn dan seorang murid bernama donald miller di halaman belakang sekolah. nggak jelas mereka melakukan apa, tapi yang jelas nggak lama kemudian donald diberhentikan jadi putra altar karena dia minum anggur perjamuan sampe mabuk. father flynn sendiri kebawa2 dalam masalah ini, sister aloysius menuduh father flynn yang memberikan anggur sama donald dan hubungan antara guru dan murid ini udah mulai nggak sehat. dalam arti, father flynn mencoba merayu muridnya sendiri.

sister aloysius yakin banget dengan tuduhannya pada flynn, tapi sister james nggak percaya bahwa father flynn melakukan hal buruk seperti itu. dia berusaha membuat sister aloysius melunak tapi sister aloysius udah terlanjur manggil ibunya donald ke sekolah. karena donald adalah satu2nya anak kulit hitam yang diterima di sekolah itu, maka kasus ini diselidiki dengan sangat hati2. ibunya donald sendiri nggak percaya kalau anaknya mengalami hal tersebut, tapi dengan berbagai macam desakan sister aloysius tetap mencoba meyakinkan bahwa father flynn memang merayu anaknya.

dengan kekuasaannya, sister aloysius akhirnya bisa membuat father flynn dipindahkan ke sekolah lain. setelah father flynn pergi, sister aloysius yang sebenernya emang nggak punya bukti atas tuduhannya mulai berpikir ulang. ketika sister james bertanya apakah memang sister aloysius yakin, sister aloysius hanya bisa nangis dan menjawab kalau dia sebenernya punya keraguan yang sangat besar.

dan itu adalah endingnya. di situ aku baru tau kenapa film ini diberi judul doubt alias keraguan.

moral yang bisa dipetik dari film ini adalah jangan sembarangan nuduh orang kalo nggak punya bukti. sister aloysius memang seorang yang tegas dan memegang teguh tradisi sebagai biarawati. akan tetapi, dia masih punya keraguan yang sangat besar waktu mentransfer father flynn ke sekolah lain. benar2 suatu perbuatan yang disesalkan kalo memang benar father flynn nggak bersalah.

film ini memang serius dan mungkin bakalan membosankan bagi beberapa orang. aku sendiri nontonnya pake ketiduran dulu trus dilanjutin lagi. tapi bagus kok. soalnya meryl streep yang jadi sister aloysius dapet nominasi oscar di sini. phillip seymour hoffman yang jadi father flynn juga dulu pernah menang oscar waktu jadi capote. amy adams yang jadi sister james bisa juga jadi penyegar di salah satu film terbaik 2008 ini.


0 comments: