Minggu, 06 September 2009

star trek



angkat 10 jempol buat JJ abrams, sutradaranya film ini, buat pemainnya, dan buat semua krunya. walaupun termasuk biasa2 aja dengan cloverfield, JJ abrams ternyata bisa membuat impian seluruh trekkers lama jadi nyata dan bahkan menciptakan banyak trekkers2 baru.

kapten kirk senior meninggal di hari kelahiran putranya. karena starship-nya, uss kelvin diserang kapal romulan, kapten kirk senior mengorbankan diri supaya istri, anak, dan seluruh awak kapalnya bisa selamat. lebih dari dua puluh tahun kemudian, anak kapten kirk senior udah dewasa. si james kirk ini adalah cowok yang cute yang suka godain cewek dan kerjanya cuman senang2 melulu, beda banget sama ayahnya. sampe suatu hari, waktu berantem di bar dia didatengin sama kapten pike, kapten uss enterprise. kapten pike tertarik sama james kirk dan menawarkan dia masuk ke akademi starfleet.

awalnya sih kirk ogah, tapi dia jadi tertantang untuk menyamai ayahnya. waktu perjalanan ke akademi starfleet ini dia ketemu temen2 baru, misalnya dr.bones dan uhura cewek yang pernah digodainnya di bar. setelah tiga tahun berlalu, james kirk udah jadi salah satu kadet terbaik di starfleet. dia bahkan bisa melampaui tes yang supersulit buatan mr.spock, seorang vulcan separuh manusia pacarnya uhura. mr.spock yang agak sombong tapi sebenernya baik tentu aja gengsi tes buatannya bisa diselesaikan dengan baik oleh james kirk. dia pun jadi nggak suka sama kirk dan berusaha menyingkirkannya.

karena dianggap melanggar peraturan, james kirk nggak bisa ikutan tugas di enterprise sama kadet lain. untungnya, dengan bantuan dr.bones kirk bisa masuk ke uss enterprise walaupun mesti dibikin sakit dulu. di sini kemudian mereka semua terlibat pertempuran dengan kapal romulan yang dulu menewaskan kapten kirk senior. kapten pike dijadiin tawanan sama kapten nero, penjahat utamanya. terpaksa mr.spock yang ambil alih jadi kapten, sementara kirk dan sulu melakukan misi ke planet vulcan. misinya emang berhasil, tapi planet vulcan hancur menewaskan ibunya mr.spock.

di suatu kejadian, mr.spock jadi emosi dan berantem sama kirk. kirk pun dibuang ke planet entah apa yang berselimut es, untungnya kirk bisa ketemu sama spock prime. dengan bantuan seorang mekanik bernama scotty, kirk bisa kembali lagi ke uss enterprise. mr.spock marah besar dan mukulin kirk, tapi dia kemudian sadar dan mengundurkan diri jadi kapten. tentu aja kirk yang naik jabatan ke kapten dan memimpin uss enterprise menghadapi kapal romulan, bahkan akhirnya dia dan mr.spock bekerjasama langsung masuk ke kapal romulan untuk pertarungan jarak dekat.

cerita yang sangat luar biasa, sodara2. durasinya yang 2 jam malah jadi terasa kurang panjang. ditunjang pemeran2nya yang ciamik, star trek tambah nggak ngebosenin. banyak nama2 besar yang terlibat di sini, misalnya aja chris pine yang jadi james kirk, zachary quinto yang jadi mr.spock, zoe saldana sebagai uhura, anton yelchin sebagai chekov, karl urban sebagai bones, dan eric bana sebagai kapten nero. selain itu masih banyak lagi, bahkan leonard nimoy, pemeran mr.spock aslinya di serial tv, ikutan jadi spock prime. semuanya berakting dengan perfect dan nggak tanggung2 sesuai dengan kapasitasnya masing2. surprise juga sih ngeliat chris pine bisa megang peran sebesar ini dengan baik, doski nggak keberatan peran dan bisa membawakan karakter kirk yang 'suka2nya sendiri' dengan natural. khusus buat anton yelchin, kocak banget dia jadi chekov dengan logat rusianya.

star trek emang kisah sepanjang masa. serial tvnya sendiri udah diproduksi sejak tahun 1960-an dan udah berlangsung entah berapa musim. emang budget dan gross-nya cuman separuh dari transformers 2, tapi seperti yang ditulis di salah satu majalah film, uang itu bukan segalanya. secara kualitas, kalo dibandingin sama star trek sih transformers 2 jomplang banget. film pop corn yang ini sangat berbobot, penuh CGI tapi nggak melupakan sisi naskah dan pengembangan karakter, secara keseluruhan menurutku inilah film summer terbaik tahun 2009. perolehan box officenya nggak jelek juga, sampe awal september 2009, star trek udah mengumpulkan $383 juta worldwide. itu udah lebih dari dua kali lipat biaya produksi.



nb: sayang di jogja turunnya telat beberapa bulan. kalo nonton jangan lupa perhatiin adegan2 lucunya ya, kayak waktu tangan kirk bengkak karena disuntik virus dan waktu chekov bacain pengumuman di uss enterprise dengan logat rusia yang sangat kental. masih ada juga ternyata adegan kocaknya.




0 comments: