Jumat, 25 September 2009

taken



premis film ini mungkin sederhana, cuman seorang ayah yang mencoba nyelamatin anak perempuannya yang diculik. bagusnya akting liam neeson yang emang udah terpercaya banyak menolong film ini, soalnya kalo nggak gitu film ini bener2 biasa aja.

bryan mills, seorang pensiunan intelejen, punya kehidupan yang selalu waspada. dia selalu memeriksa segala sesuatu sampai hal2 yang paling kecil demi keamanan. dia sendiri udah cerai dari istrinya dan punya anak perempuan berusia 17 tahun yang tinggal sama ibu dan ayah tirinya. mantan istri bryan selalu jutek sama bryan, bahkan dia nggak pernah menghargai apa yang bryan lakukan untuk anaknya, termasuk waktu bryan ngasih hadiah ultah ke anaknya berupa peralatan karaoke.

suatu hari anaknya bryan, kim, dan amanda temennya minta izin buat liburan ke paris. bryan setengah hati mengizinkan, karena menurutnya bahaya gadis 17 tahun keluyuran di paris. ternyata setelah dia ngasih izin dengan susah payah baru ketahuan kalo kim dan amanda sebenernya bukan hanya bakalan ke paris, tapi keliling eropa untuk ikutan turnya U2. belum selesai bryan kaget, kim udah diculik.

dengan koneksinya sebagai mantan intelejen, bryan datang sendiri ke paris untuk menemukan anaknya. ternyata kim diculik sama sindikat perdagangan wanita asal albania. untungnya kemampuan bryan dalam bertarung dan tembak2an oke juga walaupun dia udah berumur. dengan usaha susah payah melacak jejak sindikat itu, akhirnya bryan berhasil juga menemukan kim. gak hanya itu, kim akhirnya sadar kalau ayah kandungnya memang sayang banget sama dia. mantan istri bryan juga akhirnya bisa menghargai apa yang bryan lakukan.

film ini lumayan didukung nama2 yang udah terkenal. misalnya aja yang udah disebutin tadi bryan mills diperankan oleh liam neeson. kim diperankan oleh aktris yang ngetop lewat serial lost maggie grace. ada juga famke janssen sebagai lenore, mantan istrinya bryan. kalo lupa famke janssen, dia main di franchise x men sebagai jean grey. masih ada juga katie cassidy, mantan jesse mccartney yang paling lama, sebagai amanda. walaupun peran kecil tapi lumayan bisa jadi scene stealer.

0 comments: