Rabu, 30 September 2009

surrogates




lama banget kayaknya nggak liat bruce willis main film aksi begini. mungkin terakhir aku liat dia di live free of die hard sama perfect stranger. itu juga di perfect stranger nggak terlalu berkesan. begitu surrogates rilis, lumayan penasaran juga pengin liat aksinya bruce willis lagi, walaupun tentunya dia nggak susah mati di sini.

surrogates adalah film fiksi ilmiah dengan setting masa depan. di masa depan ceritanya manusia udah nggak perlu keluar rumah untuk melakukan kegiatan sehari2nya. manusia bisa menggunakan surrogates atau robot pengganti. robot pengganti ini dikendalikan lewat sistem syaraf dan bisa melakukan pekerjaan sehari2, sedangkan controller yang manusia asli cuman duduk aja di rumah. robot pengganti ini juga bisa diatur supaya punya penampilan yang lebih menarik. jadi jangan kaget kalau seseorang punya surrogates cantik atau ganteng banget padahal sebenernya dia jelek banget.

suatu hari terjadi pembunuhan terhadap dua surrogates. seharusnya kalo surrogates dibunuh controllernya nggak kenapa2, tapi ini controllernya juga ikutan tewas dengan masih terhubung sama alat pengendali. greer (bruce willis) ditugaskan untuk menyelidiki kasus itu, soalnya di masa depan tingkat kejahatan sudah turun drastis sampai hampir nggak ada. dibantu oleh rekannya sesama polisi (radha mitchell), greer mencoba mencari tahu senjata apa yang digunakan oleh pembunuh itu.

greer (yang surrogates) sempat bentrok sama pembunuhnya dan komunitas anti surrogates, sampai2 surrogatesnya rusak. karena kepolisian nggak punya biaya untuk mengganti surrogates greer yang rusak, greer terpaksa keluar rumah tanpa surrogates. setelah beberapa lama hidup tanpa surrogates, akhirnya dia sadar kalau selama ini penggunaan surrogates udah memisahkan dia sama istrinya sendiri. di samping itu, penyelidikan terhadap pembunuhan terus dilakukan. rekannya greer dibunuh dan surrogatesnya diambil alih sama pihak yang jahat. siapa yang sebenernya berada di balik pembunuhan surrogates2? nah, kalo aku kasih tau nggak seru lagi dong, soalnya film ini masih main di bioskop.

pertama kali baca resensinya di majalah2 film sih nggak terlalu tertarik. mungkin film ini juga lebih menekankan aksi2 yang dilakukan bruce willis aja. walaupun ceritanya ringan dan nggak sulit dipahami, film ini lumayan bisa jadi hiburan. siapa yang nggak seneng liat robot2 cantik dan ganteng lalu lalang di sepanjang film ini. pendek kata, surrogates bisa dibilang sebagai film yang lumayan sembari menunggu film2 besar yang bakal menggempur kita di akhir tahun.

0 comments: