Senin, 26 Januari 2009

the day the earth stood still (1951)

rekor film paling tua yang pernah kubahas di blogku ini sekarang dipecahkan oleh the day the earth stood still (DTESS). tadinya kan yang pegang rekor film tertua judulnya point break tuh, filmnya pak nunu keluaran taun 1991, kalo yang ini lebih dahsyat lagi keluaran 1951. hehehe pasti ortu kita juga belum lahir pas film ni rilis.

dulu, jamannya baru selesai perang dunia 2, orang2 digegerkan dengan rilisnya sebuah film sci-fi bermuatan politik yang cukup kental. muatan politiknya di sini ad
alah soal perang dingin antara blok barat dan blok timur yang dulu lagi anget2nya. nah dari situlah film ini mengisahkan tentang alien yang dateng ke bumi untuk membawa pesan perdamaian.

ketika sebuah piring terbang mendarat di washington, orang2 pada ketakutan sekaligus penasaran. setelah ditunggu beberapa saat, ternyata keluarlah mahkluk bernama klaatu yang seukuran manusia dan sebuah robot yang namanya gort setinggi 2 meteran. klaatu gak sengaja ditembak sama salah seorang tentara dan dia langsung dibawa ke rumah sakit. eh ternyata setelah bajunya (mirip kostum astronot) dibuka, klaatu berwujud manusia. kayak pria2 normal lah.



klaatu pun hidup di bumi dan mempelajari gimana perilaku manusia. ternyata dia bertugas membawa pesan supaya orang2 bumi menghentikan perang atau mereka akan hancurin semua umat manusia. hiii serem yak. emang sih maksudnya baik, cuman aku heran aja kenapa justru alien dari planet lain yang lebih peduli sama perdamaian di bumi dibanding manusia sendiri? hayooo coba tebak kenapa hahaha.

film ini adalah salah satu film sci-fi terbaik sepanjang masa. teknologi yang digunakan udah canggih untuk ukuran tahun 1951, cuman ya tetep aja sih kalo dibandingin sama film2 sekarang kalah jauh. misalnya aja, bajunya robot gort yang aneh banget, bukannya serem malahan lucu. di balik itu semua, pesan moral yang dibawa oleh film ini sangat baik, supaya kita semua damai gitu kan. film klasik ini susah banget nyarinya di indonesia, aku aja boleh dapet donlot dari youtube. makasiiiih ya buat yang udah nge-upload filmnya secara full, gile seneng banget akhirnya bisa dapet ni film.

semua keistimewaan film ini nantinya bakalan membuat film ini diremake, yang bakalan aku bahas di postingan selanjutnya.

0 comments: