Minggu, 25 Januari 2009

signs


gara2 kemaren aku nonton film ini di global tv (untuk kedua kalinya nih aku nonton), jadinya aku pengin bikin reviewnya.

sedikit latar belakang aku nonton film ini duluuu... ni film kan buatan taun 2002 ya, jamannya aku sma. waktu itu aku penasaran banget mau nontonnya, tapi gak punya akses buat nyewa vcd kek sekarang. tau ceritanya sih dari temen sebangku, kayaknya keren gitu. jadilah waktu kuliah aku baru nonton film ini di vcd. dan dapet banyak infonya dari salah satu edisi lama movie monthly kalo gak salah.

udah bertaun2 lewat sejak aku nonton ni film pertama kali, eh ternyata kemaren malem kebetulan ditayangin lagi. walopun udah pernah nonton, tetep aja ni film me
mberikan ketegangan yang beda, jadi rasanya tetep kayak nonton pertama kali.

graham hess, seorang pendeta sekaligus petani jagung yang tinggal bersama kedua anaknya yang masih kecil2 dan adik laki2nya, merrill. graham kecewa dan memilih berhenti jadi pendeta sejak istrinya meninggal kecelakaan beberapa waktu yang lalu. kehidupan kekna belum lagi kembali jadi normal ketika keanehan2 di sekitar mereka mulai terjadi.

pertamanya ada crop circle di ladang jagung mereka yang luas. graham ngira kalo yang bikin crop circle itu adalah tetangganya yang gak suka sama dia. dia nggak pe
rcaya kalo yang bikin itu adalah alien walopun polisi udah bilang gak mungkin manusia bisa buat crop circle sebesar itu dalam waktu semalam. habis munculnya fenomena crop circle, mulai deh banyak kejadian aneh2 di ladang mereka. bukan hanya di ladang mereka, tapi di seluruh dunia.

orang udah mulai sadar kalo itu memang kerjaan alien, tapi graham tetep gak percaya juga. atau mungkin dia percaya tapi dia pura2 bilang kalo itu bukan alien supaya anaknya yang masih kecil2 gak ketakutan. sampai pada suatu hari alien itu bener2 nyerang rumah mereka dan mereka berempat harus sembunyi di ruang bawah tanah. alien itu emang ternyata bisa dikalahin dengan air, tapi dari kejadian inilah graham baru tau bahwa semuanya udah diramalkan sama istri dan anak bungsunya.

film yang disutradarai m. night shyamalan ini emang keren banget. filmnya juga minim score bikin kita yang nonton malah jadi merinding. aliennya sendiri baru ditunjukin di akhir2 film, bikin kita nebak2 sebenernya alien macam apa sih yang menyerang bumi kali ini.

dari segi pemain, seperti biasa mel gibson sebagai graham hess berakting dengan sangat baik, begitu juga dengan joaquin phoenix yang jadi merrill hess. anak laki2 graham, morgan, diperankan oleh rory culkin. anak bungsu graham, bo, diperankan oleh abigail breslin (udah nonton little miss sunshine lum? kalo udah ya itu dia abigail breslin). shyamalan juga ambil bagian di film ini, jadi orang yang nabrak istrinya graham.

dua kata buat signs: keren banget. sayang ya nggak masuk oscar. padahal ini salah satu dari sedikit karya shyamalan yang bagus lho, sebelum film2nya terpuruk kayak lady in the water itu.

0 comments: