Rabu, 07 Januari 2009

fred claus


ni film sangat beraroma natal, ya jelas lah judulnya aja ada claus2nya. banyak film2 natal yang membahas soal santa claus, yang paling sering kita denger ya santa claus 1-3 yang dibintangin tim allen. kalo yang ini, cerita santa clausnya dibuat agak beda sedikit.

nicholas claus (yang dikenal sebagai st. nicholas atau sinterklas sekarang) sebenernya adalah adik dari fred claus. kalo nicholas claus diceritakan sebagai anak yang bikin bangga ortunya karena baik banget, fred adalah kebalikannya. nicholas tinggal di kutub utara sama istrinya, sedangkan fred malah luntang lantung gak jelas di amrik. suatu hari fred kena masalah dan harus minta bantuan sama adiknya itu, pertamanya sih nicholas ragu2 mau nolongin kakaknya, tapi karena emang dasar dia baik, tetep aja fred ditulungin.

fred pun dateng untuk tinggal di kutub utara. dia dikasih pekerjaan di bengkel mainannya santa, tentu aja fred bikin kacau semuanya. belum lagi ada berita gak mengenakkan bahwa pemberi dana bengkel santa claus ini bakalan menghentikan pembiayaannya, jadi bengkel santa claus terpaksa ditutup dan semua anak gak bakalan dapet kado lagi pas hari natal.


nicholas pun mati2an cari akal, ternyata pada malam natal fred (dibantu sama kurcaci temen sekamarnya) nekat untuk ngegantiin nicholas jadi santa. dia bawa kereta rusanya itu ke setiap rumah yang ada anak kecilnya buat nganterin hadiah. ya sambil berpacu dengan waktu sebelum matahari terbit pastinya.


cerita ini tentu aja berakhir dengan happy ending. jutawan yang membiayai bengkelnya santa pun jadi baik dan semua orang bahagia termasuk fred.

dari pemeran2nya, lumayan berkelas sih sebetulnya. yang jadi fred tentu aja vince vaughn, sedangkan paul giamatti kebagian jadi nicholas claus. jutawan kaya yang jahat diperankan oleh kevin spacey, yang ngingetin aku banget sama lex luthor di superman returns. apalagi di akhir film ada nyinggung2 soal jubah superman.

pendek kata sih film ini sebenernya biasa aja, cuman asik kalo ditonton pas deket2 natal. kan supaya natalnya kerasa gitu loh.

0 comments: