Kamis, 05 Juni 2008

liputan ujian pasar modal

PERINGATAN: POSTINGAN INI MUNGKIN AKAN MEMBUAT ANDA SAKIT KEPALA BERAT, MATA BERAIR, HIDUNG TERSUMBAT, BIBIR PECAH-PECAH, DAN LAEN2. HEHE NGGAK DING, PALING GELENG2 AJA KAGAK NGERTI.


jadi, tadi kan aku ujian pasar modal tuh. baru sekali ini aku menghadapi ujian yang tiap dosen bener2 ngasih soal. maksud aku BENER2 NGASIH SOAL SATU DOSEN BEBERAPA HALAMAN SENDIRI. jadi waktu pengawasnya bagiin tuh soal, ada 5 rangkap yang harus dibagiin. SET DAH. aku dah horror aja tuh ngebayangin berapa puluh soal yang harus kita kerjain dalam waktu 2 jam setengah.

soal 1: dari dosenku yang namanya pak bowo. petama2nya sih pilihan ganda, yah kalo dicari sambil ngecap2 sedikit bisalah. terus halaman selanjutnya ada esainya 2 numer. yang pertama suruh jelasin tentang pasar modal, yang kedua suruh jelasin analisis teknikal n fundamental dan yang aku bingung mesti dihubungkan sama horizontal period investasi. apakah itu sodara2? yupz, aku juga baru denger sekarang :S

soal 2: dari dosen praktisi pak arif. sama juga pertama2nya pilihan ganda, buset dari undang2 semua nih soal. teyus belakangan ada essay juga 2 numer. yang aku bingung apa ya comfort letter itu (aku ngarang di bagian ini, soalnya catatan aku ketinggalan jadi nggak bisa liat catatan paaak).

soal 3: dari dosen praktisi pak agus. ni dosen aseli baek banget ngasih soal jawabannya plek sama persis sama di slidenya. weh, top deh pak. dari 5 soal yang dikasih inilah soal paporitku, cos aku bisa ngerjain semua walaupun tangan dah pengkor2 gara2 nulis secepet kilat.

soal 4: dari dosenku pak tandelilin. soalnya essay duang 3 biji, tapi bikin aku nyengir2 sendiri. nih apaan ya, apakah CEO perusahaan itu overpaid? gimana kalo kinerja manajer dinilai dari harga saham perusahaannya? hehehe... aku jawab dengan wangsit dan pangsit yang kudapat setelah bertapa dan membaca slidenya pak mamduh. beuh, gile untung aku ngeprint tuh slidenya.

soal 5: soal paling top dari dosen praktisi bu erni. wehehehe... cuma 2 soal dan aku sengaja ngerjainnya paling belakangan soale kuanggap paling susah. jadi yang pertama disuruh nulis bedanya arithmetic mean dan geometric mean en suruh kasih contoh. yang kedua, jelasin konsep high risk high return menurut markowitz sampe CAPM. dah aku duga yang ini bakalan keluar. jadi aku ngeprint aja slide ibunya banyak2. lho, kok banyak2? emang slidenya banyak (hadoh ngomong apa sih ngelantur)

intinya, kelima soal yang asyik tapi sangking asiknya bikin aku hampir nggonggong, tumbuh kuping, tumbuh ekor, tumbuh bulu2 keriting warna putih, trus jalan pake 4 kaki... halah, enggak lah, kok malah berubah jadi inu pablito.heehueheueheueheueh...

sekian liputanku mengenai soal2 yang harus aku hadapin hari ini. tinggal nunggu besok masih ada ujian etbis, satu lagy ujian terakhir setelah itu merdeka!! ya kagak merdeka juga orang senen dah masuk n tugas pelaporan udah menunggu kok :( kek apa ya soal ujian besok, mana lum tau lagy open atau close book. kalo kata mas danang sih jawab aja pake logika dan hati nurani hehehe. yah we'll see. c u guys.

0 comments: